11 Pasien Covid Nyoblos di Wisma Karantina Pemprov Babel

WARTABANGKA, PANGKALPINANG — Sebelas pasien positif Coronavirus Disease (Covid-19) melakukan pencoblosan di Wisma Karantina BKPSDM Pemprov Babel, Rabu (9/12). Pencoblosan ini, tetap di pantau petugas TPS dan juga para saksi yang melihat dari kejauhan.

Proses pencoblosan, dilakukan di gedung di antara dua gedung yang dihuni pasien. Sebelas pasien ini, merupakan warga Bangka Tengah (Bateng) . Sementara warga Bangka Barat (Babar) dan Bangka Selatan (Basel) terpaksa tidak bisa menggunakan hak suaranya, lantaran lokus wisma karantina berasa di Bateng.

“Sebelas pasien yang menggunakan hak suaranya, sebetulnya ada 17, tetapi enam baru masuk semalam, sehingga kami belum mempersiapkan dengan KPU, ” kata Ketua Sekretariat Satgas Covid-19 Pusdalops BPBD Babel, Mikron Antariksa.

Petugas di wisma karantina yang terlibat dalam proses pemungutan suara ini ada tiga, satu orang untuk tempat pengambilan surat suara, satu orang petugas yang menyediakan tinta bukti pencoblosan, dan satu petugas yang menerima surat suara.

Pasien yang datang, digilir dengan tetap menjaga jarak, diberikan kertas suara, kemhdian dipersilahkan memilih paslon pilihannya, meskipun tanpa bilik suara tetapi kerahasiaan suara tetap terjamin.

Suara yang sudah dicoblos kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik, sebelum diserahkan ke petugas TPS, kantong plastik tersebut terlebih dahulu disemprot dengan cairan disinfektan.

Kadinkes Babel, Mulyono menambahkan akan, selain di wisma karantina, pihaknya juga memantau proses pilkada di beberapa TPS, dan semuanya berjalan dengan lancar dengan tetap mematuhi prokes Covid-19.

“Mereka sudah memberlakukan tahapan prokes, tidak terjadi penumpukan masyarakat di tempat pencoblosan, disediakan hand sanitizer , masker dan tempat cuci tangan,
ada beberapa TPS yang nggak siapkan termo gun, kami minta bantuan dari pemda untuk siapkan, ” terangnya. (*/two)

loading...

About nath

Check Also

Isak Tangis Warnai Kedatangan Jenazah Rosi dan Riski

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Isak tangis mengiringi kedatangan jenazah Rosi Wahyuni dan Rizki Wahyudi, ibu dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *