2021, Pemkab Bangka Barat Alokasikan Dana Hibah untuk LPTQ Rp 1,2 M

WARTABANGKA, MUNTOK – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat telah melaksanakan kegiatan Pengukuhan dan Pembinaan Pengurus LPTQ se-Kabupaten Bangka Barat periode 2019 – 2022.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Pasadena ini telah dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 10 – 11 September 2020.

Bupati Bangka Barat, Markus mengatakan sebagaimana yang diketahui bersama, LPTQ yang telah terbentuk mulai dari tingkat pusat hingga ke bawah merupakan satu upaya untuk menjalin bakat potensi potensial dalam hal seni baca Alquran dan cabang-cabang yang lainnya.

Hal ini dilakukan agar dapat berkompetensi pada perhelatan STQ dan MTQ secara berjenjang serta lebih jauh lagi sebagai instrumen penting untuk menanamkan nilai-nilai ketuhanan pada setiap insan.

“Sebagai langkah awal mewujudkan hal tersebut dibutuhkan pengurus yang memiliki kemauan dan tekad yang kuat untuk memajukan LPTQ menjadi persyaratan yang mutlak harus dimiliki,” kata Markus saat menutup kegiatan Pengukuhan dan Pembinaan Pengurus LPTQ se – Kabupaten Bangka Barat periode 2019 – 2022, Jumat ( 11/9).

Markus melanjutkan pengukuhan dan pembinaan pengurus merupakan solusi tepat agar keberadaan LPTQ dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kemudian pengurus yang sudah dikumpulkan adalah orang-orang terpilih dari setiap Kecamatan untuk bersama-sama menyatukan visi dan misi LPTQ.

” Sehingga manfaatnya betul-betul dapat dirasakan oleh segenap lapisan masyarakat dalam hal pembangunan kualitas sumber daya manusia di bidang spiritual di Kabupaten Bangka Barat,” ujar Markus.

Dia menjelaskan setiap tahunnya Pemerintah Kabupaten Bangka Barat secara rutin selalu mengawasi dana hibah kepada LPTQ. Di tahun 2021, Pemkab Babar mengalokasikan dana hibah sebesar Rp 1,2 miliar untuk LPTQ.

Selain itu, perlu diketahui, pada tahun 2021 kegiatan MTQ dari tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten dialihkan ke LPTQ sebagai Leading Sector yang mengacu kepada tugas dan fungsi LPTQ yang tertuang dalam Anggaran Dasar ( AD ) dan Anggaran Rumah Tangga ( ART).

” Saya berharap di bawah naungan LPTQ, pelaksanaan MTQ dan pembinaan peserta dapat berjalan lebih baik lagi. Terkait hal tersebut totalitas kreativitas dan komitmen pengurus LPTQ kabupaten dan Kecamatan sangat dinantikan publik dengan terobosan-terobosan baru yang terarah dan berkesinambungan,” tutup Markus. (*/IBB )

loading...

About nath

Check Also

Gubernur Babel Ajak Paslon dan Penyelenggara Pilkada Laksanakan Prokes Covid-19

WARTABANGKA, PANGKALPINANG- Sebanyak 11 pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati peserta Pilkada 2020 di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *