Wakil Gubernur: KNPI Mitra Strategis Pemerintah Majukan Babel

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pusat, Haris Pertama melantik Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Periode 2021 – 2024 di Ruang Mahligai, Rumah Dinas Gubernur, Senin (29/11).

Usai menyaksikan ceremony pelantikan dan melakukan penandatanganan berita acara pelantikan, Wakil Gubernur Abdul Fatah mengucapkan selamat kepada Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Babel yang baru.

“Selamat kepada pengurus yang dilantik hari ini. Pergantian kepengurusan adalah sesuatu yang wajar namun visi dan misi organisasi tetap menjadi tujuan akhir,” ujarnya mengawali sambutannya.

Tidak lupa Wagub, berpesan untuk pemuda-pemuda Babel. “Pemuda Babel punya jati diri, mereka tidak dapat dibeli. Kita ada bukan untuk hari ini tapi untuk yang akan masa mendatang. Pemuda Babel memiliki motivasi yang kuat dan bergerak menuju Babel maju dan Indonesia sejahtera,” tegasnya.

Pemuda Babel pun dituntutnya untuk mampu memenangkan era digital. Pemuda yang bersatu dalam KNPI harus menguasai teknologi. Kreativitas dan inovasi di era digital menjadi modal untuk bersaing secara global,” ujarnya. Figur-figur KNPI Pusat yang hadir saat acara, menurutnya bisa menjadi contoh dan motivator bagi pemuda untuk memajukan Babel.

“Saya yakin pemuda bisa, kita akan dukung. Mari gerakkan pemuda Babel untuk menjadi pemuda tangguh dan memiliki kreativitas tinggi, “ajaknya.

Tidak jauh berbeda, Ketua Umum KNPI Pusat, Haris Pertama mengatakan, Bangka Belitung adalah simbol persatuan pemuda di Indonesia

“Di sini tempat berkumpulnya pemuda dari berbagai suku, agama, budaya, pendidikan, latar belakang, namun memiliki satu tujuan yang sama yakni membangun Indonesia maju,” ungkapnya.

“Berkali-kali saya bilang kepada Bung Ilham (Ketua KNPI Babel sebelumnya), Bangka Belitung ini tolong dijaga karena simbol penjaga konstitusi AD/ART (anggaran dasar/anggaran rumah tangga) KNPI Indonesia di Tingkat Provinsi ada di Kepulauan Bangka Belitung,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua terpilih Yemil Yanus Salalima mengatakan, KNPI adalah mitra strategis pemerintah menuju masyarakat sejahtera.

“Alhamdulilah kepengurusan ini banyak diisi kawan- kawan dari akademisi, sehingga langkah dan kebijakan yang kami lakukan berdasarkan kajian ilmiah yang tujuannya tidak lain untuk memajukan masyarakat Babel sejahtera,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan ada beberapa hal yang menjadi tujuan KNPI saat ini yakni terkait isu timah di Babel.

“Pelaksanaan Perda RZWP3K (Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil) belum terimplementasikan secara maksimal, sehingga perlu dikaji kembali mengingat masih banyak areal yang harusnya zero tambang, namun operasi penambangan masih aktif sehingga hal ini meresahkan masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakannya, semua pihak perlu bersinergi agar hasil timah tersebut bisa menyejahterakan masyarakat.

“Kami tidak anti PT Timah, namun kami minta agar perusahaan melakukan perencanaan terhadap penambangan dan memberikan kontribusi yang sesuai bagi masyarakat secara merata,” ujarnya lagi.

Pada kesempatan tersebut, dirinya mengapresiasi tindakan dan kebijakan Pemprov. Babel yang selama ini memfasilitasi dan bersama mencari solusi agar keresahan masyarakat dapat segera usai.

“Tidak hanya itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov. Babel yg telah mensupport kegiatan kepemudaan di Bangka Belitung, mulai dari dukungan pinjam pakai gedung sekretariat dan kendaraan operasional,” ujarnya.

Adapun program DPD (Dewan Kepemimpinan Daerah) KNPI Babel ke depan adalah membentuk Badan Usaha Milik Pemuda, serta melanjutkan program di bidang pertanian dengan memperluas usaha perkebunan cabai dan melon.

“Sedangkan untuk menyinergikan kegiatan kepemudaan dengan sekolah dan kampus, KNPI bersama Kesbangpolinmas akan terus melanjutkan Program KNPI Go to School/Campus dan tahun depan, kami akan melakukan pertemuan dengan KNPI dan stakeholder di Kepulauan Bangka Belitung,” pungkasnya.

Adapun susunan utama Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Prov. Kepulauan Bangka Belitung Periode 2021 – 2024 yang tertuang dalam SK Dewan Pengurus Pusat KNPI Nomor: KEP.049/DPP.KNPI/III/2021 yakni :

Ketua : Yemil Yanus Salalima, Sekretaris : Zamzani, S.Sos dan Bendahara : Yogi Maulana. Kegiatan dihadiri oleh Pejabat/Perwakilan dari Forkopimda, Wakil Bupati Bangka Tengah, Ketua Umum dan Sekretaris KNPI Pusat serta anggota KNPI di Prov. Kepulauan Bangka Belitung. (Rls)

loading...

Check Also

Pemkab Bangka Percepat Validasi Objek PBB-P2

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka mempercepat validasi data objek Pajak Bumi Bangunan Sektor Perkotaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *