Warga Kelurahan Berok Diimbau Waspadai Banjir Rob

WARTABANGKA, KOBA – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Yudhi Sabara mengimbau warga di Kelurahan Berok Kecamatan Koba mewaspadai banjir rob di sepanjang bulan Desember 2021.

“Saat ini permukaan air laut meninggi, hingga berpotensi menimbulkan banjir rob. Salah satu titik berpotensi terjadi banjir rob berada di Kelurahan Berok,” kata Yudhi, Selasa (7/12).

Menurutnya, siang hari sekira pukul 13.00 Wib, Selasa (07/12) air laut telah meluap hingga ke sungai Berok, dan mengakibatkan Jalan Raya Berok banjir dengan kedalaman setinggi selutut orang dewasa.

“Sekarang anggota kami bersama relawan standby di Jalan Raya Berok. Mereka bertugas mengatur lalulintas di jalan raya. Merka siap membantu kendaraan yang mogok, ataupum pengguna jalan raya yang membutuhkan proses evakuasi,” kata Yudhi.

Dia mengatakan banjir rob berpotensi menggenangi pemukiman, jika permukaan air laut terus meninggi. Dengan demikian, sepanjang bulan Desember 2021 ini pihaknya mengimbau warga Berok agar mewaspadainya.

“Jika air terus meninggi, segeralah mengungsi ketempat kerabat atau saudara lain yang rumahnya tidak berpotensi banjir,” ungkapnya.

Selain Kelurahan Berok, titik lain berpotensi banjir rob yakni berada di Pal4 Desa Penyak, Desa Kurau dan Kurau Barat Kecamatan Koba,Lubuk Laut Desa Lubuk Besar Kecamatan Lubuk Besar, Desa Batu Belubang Kecamatan Pangkalan Baru. Kelurahan Sungaiselan Kecamatan Sungaiselan.

“Kami akan terus memantau perkembangan dilapangan, dan segera menerjunkan anggota dalam jumlah besar jika sewaktu-waktu banjir Rob menggenangi pemukiman penduduk,” jelasnya.

Dari pemantauan yang dilakukan pihaknya sejauh ini, kata Yudhi tidak ada korban jiwa. Selain itu, kondisi lalulintas di jalan raya masih terlihat normal.

“Pemukiman yang terendam banjir Rob berada di Batu Belubang dan Kurau Barat. Sekali lagi, waspadi banjir Rob,” pungkasnya. (RN)

loading...

Check Also

Pemkab Bangka Percepat Validasi Objek PBB-P2

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka mempercepat validasi data objek Pajak Bumi Bangunan Sektor Perkotaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *