Revitalisasi Lahan Rusak, Pemprov Babel Susun KLHS

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) saat ini sedang menginventaris dan mendata lahan yang rusak untuk kemudian direvitalisasi guna berbagai kepentingan dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat.

Wakil Gubernur (Wagub) Babel, Abdul Fatah mengatakan, banyak lahan yang sudah rusak diantaranya akibat pertambangan dan kerusakan lainnya.

“Kami sedang melakukan kajian lingkungan hidup strategis (klhs) menghimpun dan inventarisasi seluruh lahan yang telah rusak dan tergerus tambang yang kemudian akan direvitalisasi,” kata wagub belum lama ini.

Untuk merevitalisasi lahan ini kata dia, perlu adanya klhs terlebih dahulu sebagai dasar untuk merevitalisasi lahan dengan fungsi yang lain.

“Alhamdulillah saat ini sudah masuk tahapan akhir pada akhir Desember ini seluruh berkaitan dengan klhs diharapkan selesai,” ujarnya.

Dari KLHS ini, tambah Fatah, dialokasikan untuk dua kepentingan revitalisasi diantaranya untuk menunjang program peningkatkan ketahanan pangan melalui food estate, dan sisanya ekonomi hijau.

“Untuk ekonomi biru pengembangan budidaya laut baik di hutan lindung pantai juga produksi, diperuntukkan secara legal bisa saja salah satunya untuk pengembangan tambak udang di Babel,” tukasnya.

Sedangkan untuk ekonomi hijau, untuk tumbuhan perkebunan, entah porang, lada, atau singkong dan lainnya.

“Kami yakin niat baik ini pada akhir bulan ini dapat rekomendasi. Sehingga kita bisa melakukan kegiatan yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (two/*)

loading...

Check Also

Pemkab Bangka Percepat Validasi Objek PBB-P2

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka mempercepat validasi data objek Pajak Bumi Bangunan Sektor Perkotaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *