Jelang Natal dan Tahun Baru, Komisi II DPRD Babel Minta Lonjakan Harga Sembako Diantisipasi

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mansah berharap kepada pihak terkait mengantisipasi potensi kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran di daerah itu jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Masalah ini menjadi evaluasi dan perhatian bersama yang mana dengan alasan klasiknya cuaca buruk. Kondisi ini (kenaikan harga-red) terjadi setiap tahun, terutama jelang Natal dan Tahun Baru. Selain harga naik, sembako juga sulit didapat masyarakat,” kata Mansah, Senin (20/12).

Dia menyebutkan setiap akhir tahun musim angin barat cuaca di daerah kepulauan berpengaruh terhadap distribusi sembako. Seharusnya, dilakukan penguatan stok sembako di dalam daerah.

“Harus dilakukan juga penguatan stok di dalam baik tingkat petani diperkuat terutama menjelang akhir tahun atau cuaca ekstrem. Ini pengalaman bagi dinas terkait untuk mempersiapkan segala sesuatunya di November, Desember dan Januari ini, petani bisa panen,” harapnya.

Mansah juga mengharapkan ada pengawasan dari dinas terkait terhadap pasar. Jangan sampai, katanya, kelangkaan sembako dimanfaatkan oleh oknum untuk meraup keuntungan.

Dia menambahkan Komisi II juga sering berkoordinasi dengan dinas perindustrian dan perdagangan, ketahanan pangan. Misalnya saat harga cabai melonjak.

“Kami juga selalu membantu melalui paket-paket bagi petani yang ingin berkebun seperti cabai, supaya di saat seperti ini tidak harus memasok cabai dari luar. Apalagi saat ini dengan harga yang lumayan, petani bisa lokal bisa untung untuk terus berkembang,” pungkasnya. (***)

loading...

Check Also

Pemkab Bangka Percepat Validasi Objek PBB-P2

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka mempercepat validasi data objek Pajak Bumi Bangunan Sektor Perkotaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *