DPRD Babel Dukung Rencana Gubernur Tetapkan Belinyu Jadi Kawasan Strategis Nasional

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendukung rencana Gubernur Babel, Erzaldi Roesman, menjadikan kawasan Belinyu menjadi proyek strategis nasional (PSN) untuk memuluskan rencana pembentukan Kabupaten Bangka Utara.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Babel, Amri Cahyadi, disela pertemuan dengan Forum Pembentukan Bangka Utara (Forkoda) bersama gubernur di Ruang Tanjung Pendam, Senin (3/1) .

“Kami juga mendengar komitmen percepatan pembentukan Bangka Utara. DPRD sudah mendukung, secara kewilayahan agak sulit, kami sudah konsultasi ke Kemendagri, kalau memang berdasarkan administrasi kewilayahan agak sulit, kita mengacu pada pendekatan kepentingan strategis nasional,” kata Amri.

Ia mendukung rencana ditetapkannya Belinyu menjadi wilayah strategis, yang diharapkan nantinya menjadi cikal bakal ditetapkan sebagai kawasan strategis.

“Gubernur sudah punya konsep untuk bentuk supaya dipandang strategis maka harus jadi kawasa industri, dan ada program strategis nasional disana, kami dukung ide ini dan perlu didukung kita bersama, ” terangnya.

Amri berharap, rencana ini juga disampaikan ke DPR RI dan DPD RI khusus dari dapil Babel, untuk memperkuat langkah tersebut.

“Betul moratorium kalau dari awal nggak ada, tapi kita lakukan pendekatan ini. Kami dari DRPD tidak hanya meminta Forkoda buat surat, tapi gubernur bisa bentuk tim strategis pengkajian sehingga bisa dianggarkan di APBD, mungkin bisa masuk ke rkpd sehingga kita kawal betul-betul, ” ulasnya.

Senada dengan Amri, anggota DPRD Babel, Aksan Visyawan juga mendukung rencana tersebut. Dia berharap agar Forkoda tetap semangat untuk memperjuangkan pembentukan Bangka Utara. Ia juga meminta, agar rencana ini dikoordinasikan dengan semua pihak terkait. (two/*)

loading...

Check Also

Pemkab Bangka Percepat Validasi Objek PBB-P2

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka mempercepat validasi data objek Pajak Bumi Bangunan Sektor Perkotaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *