211 Penyandang Disabilitas Usia Produktif di Babel Ikut Vaksinasi Covid-19

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Sebanyak 211 orang penyandang disabilitas yang didata oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendapat suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama. Kegiatan vaksinasi itu dipusatkan di GOR Sahabuddin Pemprov Babel, Sabtu (14/8).

Program vaksinasi ini kerjasama dengan TNI Polri, dinkes dan Satgas Penanganan Covid-19 Babel, yang menyasar penyandang disabilitas usia produktif.

“Hari ini kita berikan vaksin untuk penyandang disabilitas, dikoordinir oleh TNI Polri, vaksinasi ini bertahap, ” kata Gubernur Babel, Erzaldi Roesman, usai meninjau pelaksanaan vaksinasi bersama Pangdam II Sriwijaya, Kapolda dan Danrem 045/Garuda Jaya.

Setelah di Bangka, nantinya penyandang disabilitas di Belitung juga akan menjadi sasaran vaksinasi. Hal ini, tentunya untuk membentuk kekebalan tubuh kelompok atau herd immunity di masyarakat, sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Babel, Budi Utama menambahkan, penyandang disabilitas yang mendapatkan vaksinasi ini didominasi oleh siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) baik dari Pangkalpinang maupun Sungailiat.

“Tahap pertama ini yang usia produktif, mulai dari 12 tahun, ada pula atlet yang ikut dalam vaksinasi ini, totalnya dari data yang kita siapkan 211 orang,” tambahnya.

Untuk di kabupaten lainnya, akan secara bertahap dilakukan vaksin, dikoordinir oleh TNI Polri di masing-masing kabupaten/kota.

“Jumlah ini memang baru berapa persen dari total disabilitas di Babel, kalau total ini ada 6.404 orang, kita akan seleksi mana yang bisa divaksin dan mana yang tidak,” sebutnya.

Usai divaksin, penyandang disabilitas ini juga mendapat bantuan paket sembako dan diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) meskipun telah divaksin. (two)

loading...

Check Also

PT Timah Bersama Masyarakat Tanam 2000 Pohon Bakau di Kawasan Teluk Rubiah

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Divisi CSR PT Timah Tbk, Unit Metalurgi Muntok serta masyarakat Kampung Teluk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *