3 Kepala Daerah Belum Tandatangani Deklarasi Divestasi Saham PT Timah

WARTABANGKA, PANGKALPINANG- Tiga kepala daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) belum menandatangani Deklarasi divestasi kepemilikan saham di PT Timah dan juga usulan peningkatan royalti, yang akan diusulkan oleh tim divestasi saham dan royalti ke pemerintah pusat.

“Yang bekerja adalah tim, maka menjadi pertanyaan juga, diajak kok nggak mau, atau mungkin belum dapat penjelasan, nanti pak Safari akan mendatangi dan menjelaskan kembali, tapi sudah diputuskan bahwa semua komitmen dan kompak mengusulkan ini demi masyarakat Babel, ” kata Erzaldi usai rapat di Kantor Gubernur Babel, Jumat (2/10).

Dia menyebutkan, dari hasil rapat bersama tokoh masyarakat, pejabat yang mewakili Bupati/Walikota, juga sepakat untuk mengusulkan kepemilikan saham dan peningkatan royalti.

Karena selama ini, pemerintah daerah hanya mendapat 3 persen dari royalti, dan tidak memiliki hak suara di perusahaan milik BUMN yang melakukan pengerukan terhadap sumber daya alam Babel.

“Ini yang belum tandatangan triple M, Markus, Molen, dan Mulkan, tapi nanti tim akan melakukan pendekatan, dan saya yakin mereka bersedia, ” ulasnya.

Rencana usulan kepemilikan saham ini, tegasnya sudah lama didengungkan, pada tahun 2017 sudah diusulkan kemudian sudah disampaikan ke Presiden kala berkunjung ke Babel dan Presiden pun merespon karena tak menyangka bahwa Babel tak punya saham, namun lagi-lagi upaya ini belum berhasil.

“Makanya kali ini, kita usulkan kembali tetapi bersama tim, tim yang terdiri dari tokoh presidium pembentukan Babel, kemudian tokoh lembaga adat, tokoh masyarakat, melibatkan kepala daerah di kabupaten dan kota, anggota DPR , DPD dan DPRD, ” jelasnya.

Dalam paparan tersebut, Safari, dari tim divestasi saham dan royalti, membeberkan, pada 16 September kemarin sudah disepakati dan ditandatangani usulan ini, mulai dari Gubernur Wagub, Ketua DPRD Babel, 3 Anggota DPR RI dapil Babel (Rudianto Tjen, Zuristyo F, dan Bambang Pati Jaya) 4 senator DPD (Darmansyah Husein, Zuhri, Hudarni dan Alexander Fransiskus), Bupati dan ketua DPRD Belitung, bupati Beltim dan DPRD nya, kemudian Bangka Tengah belum menandatangani tetapi dari hasil koordinasi bupatinya siap.

“Bangka Barat, Bangka dan Pangkalpinang masih belum, tetapi kami akan datangi lagi, ” imbuh Safari.

Moderator dalam diskusi ini, Darmansyah Husein menegaskan, pada intinya semua sepakat untuk mengusulkan kepemilikan saham ini, demi masyarakat Babel, agar Pemerintah juga memiliki hak suara dalam kebijakan pertambangan di Babel. (*/two)

loading...

About nath

Check Also

Jenazah Yulian Andhika Disambut Isak Tangis Keluarga, Diberi Penghormatan Rekan Satu Profesi

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Jenazah pramugara Sriwijaya Air SJ-182 Yulian Andhika yang tiba di Sungailiat, Kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *