60 Warga Binaan Rutan Muntok Dapat Remisi Masa Tahanan

60 orang warga binaan Rutan kelas II B Muntok mendapatkan remisi umum potongan masa tahanan, saat peringatan HUT ke-75 RI, di Aula Rutan Muntok, Senin (17/8). (IST)

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, 60 orang warga binaan Rutan kelas II B Muntok mendapatkan remisi umum potongan masa tahanan.

Pemberian remisi ini dilakukan di Aula Rutan Muntok, Senin (17/8)

Dalam kesempatan itu, Bupati Bangka Barat Markus yang menyerahkan langsung SK Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI nomor: PAS-922,927,958.PK.01.01.02 Tahun 2020 , secara simbolis kepada warga binaan.

Kepala Rutan Muntok, Abdul Rasyid Meliala menjelaskan, 60 orang warga binaan yang mendapatkan jumlah remisi yang berbeda-beda yakni potongan masa tahanan dari satu sampai lima bulan.

“Kalau jumlah potongan masa tahannya bervariasi, mulai dari satu bulan, hingga lima bulan. Untuk dapat remisi itu mencakup semua pidana umum,” jelas Abdul.

Selain itu, warga binaan tersebut juga telah memenuhi beberapa kriteria diantaranya berkelakuan baik, tidak pernah melanggar tata tertib dan mengikuti program dan kegiatan positif yang dibuat oleh pihak Rutan.

“Kriteria yaitu mereka ini berkelakuan baik, tidak pernah melanggar tata tertib disini, serta banyak melakukan kegiatan positif di dalam lapas,” tuturnya.

Kendati demikian Abdul mengingatkan, apabila warga binaan yang sudah mendapatkan remisi melakukan pelanggaran, maka SK remisi yang diterima bisa dicabut pihak Rutan Muntok.

Dan selanjutnya, warga binaan tersebut akan disidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP).

“Remisi ini bisa dicabut apabila mereka (warga binaan-red) tidak berkelakuan baik di dalam. Mereka juga nanti akan disidang TPPK, apabila mereka membuat ulah. Artinya tetap dipantau,” tutupnya.

Hadir pula dalam acara ini Pj. Sekda Babar, Hartono, Ketua DPRD Badri Syamsu, Kapolres Babar AKBP Fedriansah, Dandim 0431/BB Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa, Hakim PN Menfok, Camat Sukandi, perwakilan Kejari Babar dan perwakilan Rutan lainnya. (*/)

loading...

Check Also

Polres Bangka Barat Evakuasi ABK Kapal Musi

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Polres Bangka Barat melakukan evakuasi ABK kapal Musi di perairan Tanjung Kalian. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *