96 Persen Nakes di Babel Terdata Terima Vaksin Tahap Pertama

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Sekitar 96 persen tenaga kesehatan (nakes) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan mendapatkan vaksin Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tahap pertama yang akan didatangkan besok.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel, Mulyono Susanto mengatakan, Babel akan mendapat 22.000 vaksin yang dikirim dalam tiga tahap. Untuk tahap pertama sekitar 4.000 vaksin akan tiba di Bandara Depati Amir, besok, dan sesuai jadwal nasional akan serentak dilaksanakan 14 Januari 2021.

“Kami baru dapat juknis pelaksanaan tentang vaksin memang terjadwal 14 Januari, tapi gubernur minta dimajukan, karena masih menunggu dari Badan POM kami masih menunggu keputusan Kemenkes,” kata Mulyono, Senin (4/1).

Ia menyebutkan, prioritas tahap pertama ini adalah nakes yang sudah terdata dan teringat secara nasional. Nakes tersebut, akan mendapatkan SMS dari sistem untuk penjadwalan vaksin.

“Tahap kedua nanti baru tokoh publik dan masyarakat, memang ada tahapannya. Rencananya tanggal 14 Januari itu dimulai dari Presiden, kepala daerah dan nakes, ” sebutnya.

Dinkes, tambahnya juga sudah melakukan pelatihan vaksinator, dan mempersiapkan ruangan untuk menampung vaksin tersebut.

“Vaksin akan disimpan di cold room (ruang pendingin-red), itu bisa menampung cukup untuk seluruh Bangka Belitung, semua vaksin nanti dikirim ke provinsi, baru kemudian dikirim ke kabupaten. Prioritas pertama adalah di Kota Pangkalpinang, menyusul Bangka dan Belitung, dan kabupaten lainnya, “tutupnya.(*/two)

loading...

About nath

Check Also

Mulkan Lantik 148 Pejabat Pemkab Bangka

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka kembali merombak dan melantik 148 pejabat pimpinan tinggi pratama, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *