Adet Apresiasi Pemprov Babel Laksanakan Perda SOTK

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Dua pelantikan pejabat dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) dalam dua pekan ini.

Dua pelantikan itu termasuk merealisasikan penggabungan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan intruksi Perda Nomor 9 Tahun 2020 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang disahkan pada tahun 2020 kemarin.

Realisasi ini pun ternyata tak lepas dari desakan DPRD Babel setelah perda tersebut disahkan pada akhir tahun 2020. Demikian hal ini disampaikan oleh anggota DPRD Babel, Adet Mastur.

“Alhamdulillah, dengan sudah dilaksanakan perda ini, berarti dalam pembahasan Rancangan APBD perubahan sudah mengikuti Perda SOTK. Apabila tidak melaksanakan, saya pikir salah. Karena memberi anggaran kepada dinas yang tidak ada penanggungjawab anggarannya,” kata Adet kepada wartawan, belum lama ini.

Seperti misalnya di dinas pertanian dan pangan. Dulu, kata Adet, dua dinas ini terpisah, dan sekarang terjadi penggabungan.

“Kalau kita beri anggaran kepada dinas pangan, siapa yang bertanggung jawab, itu tidak ada. Sama dengan dinas pariwisata dan pemuda olahraga, dulunya terpisah dan sekarang bergabung,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengungkapkan, mudah-mudahan dengan adanya penggabungan ini, semua anggaran yang akan dibahas dalam waktu dekat nanti tidak bertentangan dengan hukum.

“Jika tidak dilaksanakan, akan ada dampak hukum yang terjadi. Dampak hukumnya apa? siapa yang memberi anggaran tersebut dan siapa yang melaksanakan. Kalau kita beri anggaran tersebut, berarti itu anggaran siluman. Ini yang kita takutkan, takut ada celah-celah hukum disana,” sebutnya.

Ketua Komisi II ini juga tak mempermasalahkan penggabungan ini membuat beban kerja komisi bertambah. Diungkapkan Adet, semakin banyak mitra, semakin semangat pihaknya untuk bekerja, karena tugas kita menjadi banyak.

“Yang takutnya itu dak ada dinasnya, semakin kita malas untuk melakukan fungsi kontrol. Dan alhamdulillah, banyaknya dinas yang bergabung ke komisi dua, membuat komisi kita kian rutin untuk melakukan kroscek ke lapangan terhadap pelaksanaan APBD baik 2021 maupun efek dari APBD 2022. Jadi komisi kita hampir setiap hari turun ke lapangan,” tuturnya. (*)

loading...

Check Also

PT Timah Bersama Masyarakat Tanam 2000 Pohon Bakau di Kawasan Teluk Rubiah

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Divisi CSR PT Timah Tbk, Unit Metalurgi Muntok serta masyarakat Kampung Teluk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *