Adrian Sebut Masih Ada Pejabat Negara Belum Tahu Ombudsman

WARTABANGKA, MUNTOK – Plt Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Kepulauan Bangka Belitung, M. Adrian Agustiansyah menyebutkan masih ada pejabat negara yang belum mengetahui tentang Ombudsman.

Hal ini disampaikan dia di depan peserta Diseminasi Pengawasan Tata Tertib Pelayanan Administrasi Pemerintahan yang digelar Pemkab Bangka Barat bersama Ombudsman di Gedung Graha Aparatur, Selasa ( 22/9).

“Mungkin banyak dari bapak-bapak ibu-ibu sekalian yang masih banyak yang belum tahu dengan lembaga negara yang bernama Ombudsman, bahkan mungkin dengarnya agak aneh apa itu Ombudsman. Kami banyak keliling ke kabupaten-kabupaten dan kota-kota,” kata Adrian.

Menurutnya, sesuai dengan undang -undang, Ombudsman adalah lembaga negara yang tugasnya adalah melakukan pengawasan di bidang pelayanan publik yang diselenggarakan oleh lembaga negara pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Termasuk juga didalamnya Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah dan dan badan hukum milik negara pribadi atau badan hukum swasta yang diberikan amanat khusus dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang memakai dana APBN atau APBD baik sebagian ataupun seluruhnya.

“Itu juga menjadi pengawasan kami, kalau kita lihat dari fungsi Ombudsman tadi akan terbayang bahwa betapa luasnya cakupan pengawasan Ombudsman dalam bidang layanan publik masuk misalnya di sana bank-bank negara, termasuk Pertamina,” tutup Adrian. (*/IBB)

loading...

Check Also

Polisi Amankan Tiga Pengedar Sabu di Lubukbesar, Satu Diantaranya Mahasiswa

WARTABANGKA.COM, LUBUKBESAR – Anggota Satres Narkoba Polres Bangka Tengah berhasil mengamankan tiga pengedar narkoba dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *