Algafry Ajak Duta GenRe Bangka Tengah Tahun 2021 Membangun Daerah

WARTABANGKA.COM, KOBA – Pengumuman nama-nama pemenang Duta Generasi Berencana (GenRe) Bangka Tengah Tahun 2021 berlangsung di BBI Kabupaten Bangka Tengah, pada Senin (31/5).

“Alhamdulilah jadi hari ini kita berikan apresiasi kepada para remaja yang ada di Bangka Tengah melalui pemilihan Duta GenRe,” ujar Bupati Bangka Tengah, Algafry rahman.

“Di mana ini adalah salah satu kegiatan remaja melalui GenRe, yang coba kita fasilitasi, agar remaja-remaja kita ini bisa berkreativitas mengembangkan diri dan bakatnya,” tambah Algafry.

Menurut Algafry melalui pemilihan Duta GenRe ini, ke depannya akan ada banyak manfaat yang dapat diberikan kepada para remaja lainnya.

“GenRe ini sebagai wadah bagi para remaja, yang InsyaAllah ke depannya mereka ini akan memberikan banyak manfaat serta bisa memberikan pemahaman dan sosialisasi terhadap simbol-simbol yang ada di GenRe,” ujar Algafry.

“Simbol-simbol GenRe meliputi bagaimana kita menjauhi yang namanya narkoba, seks bebas dan tidak menikah dini, di imana hal-hal ini kita minta mereka (Duta GenRe) lakukan sosialisasi kepada remaja lainnya,” tambah Algafry.

Menurut Algafry peran dari Duta GenRe ini sangatlah penting.

“Tentunya peran mereka sebagai duta GenRe sangat penting dan kita ingin memberikan support atau dorongan terus-menerus kepada mereka,” kata Algafry.

Ia berkeinginan agar Duta GenRe Bangka Tengah ini dapat bekerja sama dalam membangun Bangka Tengah.

“Kita berkeinginan Duta GenRe yang terpilih, dapat bersama-sama dengan Kita semua mengwujudkan Bangka Tengah ini ke depan jadi lebih baik terutama di kalangan remajanya,” ucap Algafry.

“Di mana kita tahu derasnya informasi teknologi saat ini juga sangat mempengaruhi bagaimana perilaku sikap moral dari anak remaja ini, tapi mereka (Duta GenRe) sudah kita bekali untuk memberikan sosialisasi kepada remaja lainnya bagaimana caranya bersikap, berpola dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara ini,” tutup Algafry.

Adapun Daftar Pemenang Pemilihan Duta GenRe Bangka Tengah Tahun 2021 adalah sebagai berikut :

Kategori Putra

  • Winner : Fardhu Syahuri
  • Runner Up 1 : Daffa Ariesta
  • Runner Up 2 : Muzaki Al-Fikri
  • Runner Up 3 : Danu Anggara
  • Runner Up 4 : Fajar Prasetio

Kategori Putri

  • Winner : Nuradila
  • Runner Up 1 : Raffa Nafisah
  • Runner Up 2 : Rany Dwi Fadila
  • Runner Up 3 : Indriana Firdaus
  • Runner Up 4 : Hanna Agnisha

Kategori Lainnya

  • Intelegensi : Yeni Oktapia
  • Favorit : Idil Pramuja
  • Inovator Program : Khumairoh
  • Persahabatan : Restawati
  • Berbakat : Putri Anggun

Pengalaman Fardhu dan Nuradila Rebut Posisi 1 Duta GenRe Bangka Tengah Tahun 2021

Ajang Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) di Gedung BBI Kabupaten Bangka Tengah, Senin (31/5) menjadi hari spesial bagi Fardhu Syahuri dan Nuradila. Kedua generasi muda itu dinobatkan sebagai Duta GenRe Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021 setelah keduanya keluar sebagai juara I kategori putra dan putri pada ajang bergengsi tersebut.

Fardhu Syahuri sebagai pemenang 1 Duta GenRe Bangka Tengah tahun 2021 kategori Putra, mengungkapkan bahwa dirinya merasa bahagia dan terhormat dapat dipilih menjadi pemenang dalam ajang Duta GenRe Bangka Tengah tahun 2021.

“Alhamdulilah, hari ini saya mendapatkan amanah untuk mewakili semua remaja-remaja yang ada di Bangka Tengah dan dinobatkan menjadi Duta GenRe Bangka Tengah tahun 2021,” ujar Fardhu kepada awak media.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat dan para remaja, khususnya yang ada di Bangka Tengah,” tambahnya.

Ia mengatakan bahwa dengan dipilihnya duta GenRe ini semoga dapat memberikan pengaruh positif bagi para remaja yang ada di Bangka Tengah.

“Dengan terpilihnya saya, semoga dapat memberikan feedback ataupun dapat memberikan pengaruh positif, yang mana seperti yang kita ketahui ada banyak permasalahan yang dialami para remaja di Bangka Tengah, seperti seks bebas, pernikahan usia dini, dan pengedaran narkoba, di mana hal tersebut harus turut kita perhatikan,” ujarnya.

“Kita juga sebagai duta GenRe sudah dibekali sebelumnya, dan ini menjadi PR tersendiri bagi saya dan semoga saya dapat memberikan warna agar dapat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” timpal Fardhu.

“Dalam waktu dekat ini semoga saya juga bisa mewakili Bangka Tengah dikancah Provinsi menjadi juara 1,” tambah Fardhu lagi.

Lebih lanjut, dirinya mengaku mengikuti ajang pemilihan duta GenRe ini awalnya berangkat dari kesadaran diri.

“Awalnya berangkat dari kesadaran diri saya tentang keadaan para remaja yang ada di Indonesia, khususnya di Bangka Tengah ini. Di mana saya bingung kenapa tidak ada wadah yang memfasilitasi penanganan masalah remaja ini, dan barulah ketika saya duduk di bangku SMK di kelas 3 saya menemukan PIK-R dan akhirnya saya tertarik sampai berkecimpung di dunia GenRe,” tutur Fardhu.

Di tempat yang sama Nuradila sebagai Pemenang 1 Duta GenRe Bangka Tengah tahun 2021 kategori Putri menuturkan bahwa dirinya sangat bersyukur bisa terpilih dan menjadi pemenang.

“Alhamdulilah saya terpilih mewakili Bangka Tengah ditingkat Provinsi dan itu membuat saya senang sekaligus bangga, di mana sampai di titik ini saya berjuang bersama sepuluh finalis yang sangat hebat-hebat semua dan membuat saya tidak menyangka ada di posisi saat ini,” ujarnya sambil sedikit menitihkan air mata.

Ia bertekad untuk bersama-sama duta GenRe lainnya mengatasi tiga permasalahan remaja, yaitu seks bebas, pernikahan dini dan Napza.

“Tekad saya sebagai remaja sesuai dengan salam GenRe ingin menekankan pada tiga hal, yakni seks bebas, pernikahan dini dan Napza, jadi semoga di Bangka Tengah bahkan Bangka Belitung tidak ada tiga hal tersebut,” ujar Nur.

Nur pun sempat bercerita bahwa awalnya dirinya pernah ikut, namun gagal dan kembali mencoba sampai akhirnya menjadi juara.

“Jadi sebelumnya saya sudah pernah ikut di tahun lalu (2020), tapi karna saya punya banyak kesibukan jadi saya gagal, dan saya coba tahun ini lagi dan Alhamdulilah sukses,” cerita Nur.

Beliau pun berharap ke depannya Pemerintah dapat terus mendukung program yang dirinya dan teman lainnya ingin lakukan.

“Harapan ke depannya semoga Pemerintah terus mendukung saya untuk segala program yang akan saya jalankan, agar ke depannya tiga permasalahan tadi dapat kita realisasikan,” tutup Nur. (ADV/RN)

loading...

Check Also

DPRD Babel Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD 2020

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Tahun Anggaran 2020 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *