Amankan Kampanye Pilkada, Polres Bateng Terjunkan 150 Personel

WARTABANGKA, KOBA – Polres Bangka Tengah (Bateng) menerjunkan 150 personel untuk mengamankan jalannya kampanye dua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati yang mengikuti kontestasi Pilkada Bateng 2020.

Kapolres Bateng, AKBP Slamet Ady Purnomo melalui Kabag Ops Polres Bateng, AKP Yudha Wicaksono mengatakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), para personel dibagi per zona, yaitu zona 1 dan zona 2.

“Zona satu itu adalah Kecamatan Koba, Lubukbesar, dan Namang. Sedangkan zona dua adalah Simpangkatis, Sungaiselan, dan Pangkalanbaru,” kata AKP Yudha, Jum’at (9/10).

Namun untuk wilayah Kecamatan Pangkalanbaru, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres Pangkalpinang karena Kecamatan Pangkalanbaru tidak masuk di dalam wilayah Hukum Polres Bateng melainkan Polres Pangkalpinang.

“Karena itu kami akan meminta bantuan kekuatan sebanyak 60 personel BKO dari Polres Pangkalpinang untuk melaksanakan pengamanan kegiatan kampanye di Kecamatan Pangkalanbaru,” ungkapnya.

AKP Yudha menambahkan 150 personel tersebut akan menyesuaikan dengan kegiatan kampanye kedua paslon. Selain itu, dia menambahkan untuk mengatasi penyebaran Covid-19, kedua tim kampanye, kandidat, dan masyarakat yang akan menghadiri kegiatan kampanye harus mempedomani protokol kesehatan dengan disiplin 3 M, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun, dan menggunakan masker.

Selain mempedomani 3 M, ia juga mengajak kedua tim kampanye untuk mengikuti anjuran pemerintah dalam pembatasan jumlah peserta kampanye terbuka yaitu maksimal dihadiri 30 orang.

“Apabila lebih dari jumlah yang ditentukan maka Bawaslu akan memberikan teguran, dan kami sifatnya berkoordinasi karena mereka leading sektornya, pelaksana penyelenggaranya,” katanya.

AKP Yudha mengatakan bahwa kapasitas pihak kepolisian adalah sebagai pengamanan, sehingga apabila di lapangan terjadi pelanggaran terkait kampanye, maka pihak Bawaslu yang nantinya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Apabila memang terjadi pelanggaran barulah diserahkan ke Gakkumdu, disana ada unsur kepolisian, kejaksaan, dan Bawaslu,” tutupnya.(*/RN)

loading...

Check Also

Polisi Amankan Tiga Pengedar Sabu di Lubukbesar, Satu Diantaranya Mahasiswa

WARTABANGKA.COM, LUBUKBESAR – Anggota Satres Narkoba Polres Bangka Tengah berhasil mengamankan tiga pengedar narkoba dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *