Antoni Tegaskan Pelantikan Sekda Bangka Barat Sudah Sesuai Aturan

WARTABANGKA, MUNTOK – Pelantikan Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Soleh yang dilakukan pada Selasa (15/12) lalu mengundang komentar dari berbagai pihak.

Namun, ditegaskan Kepala BKPSDM Bangka Barat, Antoni Pasaribu pelantikan itu telah dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Bahkan surat izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor: 821/5558/SJ sudah terbit sejak tanggal 7 Oktober 2020 lalu, “kata Antoni Pasaribu di Kantor Bupati Bangka Barat, Jum’at ( 18/12) sore.


Selanjutnya, dikatakan Antoni, proses open bidding atau lelang terbuka jabatan Sekda juga atas persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Kemendagri.

Setelah selesai lelang terbuka dan nama calon Sekda sudah didapat, maka Kemendagri mengeluarkan izin untuk segera dilakukan pelantikan.

“Nah sudah terpilih orangnya itu maka dikeluarkanlah izin untuk melantik.
Kalau sudah ada izin untuk melantik ya harus dilantik,” jelasnya.

Antoni menjelaskan izin Kemendagri untuk segera melantik Sekda definitif sebenarnya sudah terbit sebelum tahapan kampanye Pilkada 2020. Namun masih terhambat di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ditambah lagi, pelantikan juga tertunda karena Bupati Bangka Barat, Markus telah keburu cuti kampanye.

” Setelah Pak Bupati masuk ( kantor ), maka harus dilantik sesuai dengan perintah atau dari Kemendagri, izin melantik, karena lelang sudah prosesnya sudah. Elok nggak elok kita bukan bicara masalah elok, tapi masalah hukum. Kalau nggak elok itu nggak ada hubungannya dengan hukum,” jelas Antoni.

Selain itu, Antoni menambahkan apabila izin segera melantik dari Kemendagri sudah diterbitkan, tetapi Bupati tidak segera melakukan pelantikan tersebut maka Bupati bisa disalahkan karena tidak mematuhi aturan.

“Kalau tidak dilantik malah jadi susah kita. Lho kenapa kok Bupati tidak melantik, ini izin Menteri lho. September itu sudah selesai kita ajukan ke KASN nama yang pemenang, kemudian di KASN keluar rekomendasi disampaikan Kemendagri, Kemendagri keluar izin untuk melantik, itu kalau nggak salah bulan sebelum Pak Bupati cuti,” pungkasnya. ( IBB )

loading...

About nath

Check Also

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pemprov Babel Siap Terapkan PISA

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menyatakan kesiapannya untuk menerapkan Programmer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *