APDESI Tolak Bantuan Sosial Tunai Rp300 Ribu Sebulan

Rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPRD Babel bersama Kepala Bakeuda dan Plt Kepala Dinas Sosial Babel di Ruang Banmus DPRD Babel, Kamis (13/8). IST/HMS DPRD BABEL

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) hanya mampu mengucurkan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk 50 kartu keluarga (KK) per desa sebesar Rp300 ribu untuk sekali bantuan.

Namun BST tersebut secara tegas ditolak oleh Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (APDESI) Babel yang menuntut agar bantuan tersebut diberikan selama tiga bulan berturut-turut.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPD APDESI Babel, Sumirzan saat rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPRD Babel bersama Kepala Bakeuda dan Plt Kepala Dinas Sosial Babel di Ruang Banmus DPRD Babel, Kamis (13/8).

“Jadi kemarin kita sudah kontak semua teman-teman (DPC APDESI-red) untuk rapat sebelum audiensi dengan bapak-bapak di DPRD dan di dalam rapat APDESI itu kita sudah putuskan, kalau cuma 300 ribu sebulan sekali bantuan, kita tolak, apapun konsekuensinya,” kata Sumirzan.

Menurut Sumirzan, pada pembahasan sebelumnya, BST sebesar Rp600 ribu untuk 50 KK per desa itu telah disepakati. Oleh karena itu, diutarakan dia, rencana bantuan tersebut telah disampaikan oleh pihaknya ke desa-desa.

“Bantuan 600 ribu itu seperti yang disampaikan oleh kawan-kawan di Komisi IV itu dibahas di badan anggaran disepakati, diputuskan ada anggarannya, makanya sesuai janji provinsi yang disampaikan ke kita, ya kita kejar itu,” ujarnya.

Dengan demikian, ia berharap, pemerintah provinsi dapat mengupayakan apa yang menjadi tuntutan mereka dengan memberikan BST Rp300 Ribu untuk 50 KK per desa selama tiga bulan berturut-turut.

“Walaupun BST itu tidak Rp600 ribu per KK, Rp300 ribu pun jadi lah asal pasti selama tiga bulan, bukan cuma sebulan, kalau provinsi tidak berani memberikan itu, kita akan sampaikan kepada masyarakat,” tegasnya.

loading...

Check Also

DPRD Babel Apresiasi Erzaldi Raih Best Governor for Inclusive Economic Growth

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) turut menyampaikan ucapan selamat kepada Gubernur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *