ASN Dilarang Terlibat Ormas Terlarang, Sekda Babel: Sanksinya Jelas Dipecat

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Pemerintah melarang setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) terlibat atau mendukung organisasi terlarang atau ormas yang telah dicabut status badan hukumnya.

Aturan tersebut tertuang dalam surat edaran bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang diterbitkan pada 25 Januari 2021 lalu.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Babel, Naziarto mengatakan, aturan tersebut juga berlaku untuk seluruh ASN di Babel.

“Wajib hukumnya bagi PNS di daerah untuk mentaati (aturan-red) itu, termasuk di Pemprov Babel,” kata Sekda kepada sejumlah wartawan di Gedung DPRD Babel, Jumat (29/1).

Oleh karena itu, sekda meminta kepada para awak media untuk menyampaikan informasi apabila ada oknum ASN yang terlibat atau berhubungan dengan organisasi atau ormas terlarang.

“Kalau misalnya ada PNS yang masih berafiliasi dengan (ormas terlarang-red) HTI atau FPI, tolong para wartawan sampaikan kepada kita oknumnya siapa, biar bisa kita tindaklanjuti,” ujarnya.

Apabila ada oknum ASN yang terbukti terlibat atau berhubungan dengan ormas terlarang, maka ditegaskan dia, akan dikenakan sanksi pemecatan.

“Sanksinya jelas, pecat, sesuai dengan instruksi pusat kan begitu,” tegasnya.

Namun demikian, sejauh ini menurut dia, tidak ada ASN di Babel yang terafiliasi dengan ormas terlarang.

“Saya pikir kelihatannya kalau di Babel tidak ada mereka yang terafiliasi, tapi kalai ada mungkin kita nggak tahu pengamatan kita,” tukasnya.

“Jadi kalau ada oknum (ASN-red) misalnya, para wartawan tahu oknum nya siapa-siapa, tolong sampaikan kepada kami, ke gubernur atau sekda selaku PPK dan pejabat yang diberi wewenang buat PNS, kita akan panggil yang bersangkutan, akan kita bina, kita tegur, kalau mereka tidak bisa dibina ya sudah, lapor ke pusat,” tandasnya. (DEI)

loading...

About nath

Check Also

Wakil Bupati Bangka Selatan Terima Bantuan Bidang Lingkungan dari PT Timah

WARTABANGKA, TOBOALI – Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi menerima langsung bantuan PT Timah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *