Bangka Barat Terima 3000 Vaksin Sinovac, Hendra: Nakes Tetap Diprioritaskan

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Plt Direktur RSUD Sejiran Setason, dr. Hendra mengatakan sebanyak kurang lebih 3000 vial vaksin sinovac telah dibawa menuju ke Bangka Barat siang tadi.

“Siang ini sudah sampai, mungkin dari Pangkalpinang sedang menuju ke sini sedang berjalan dikawal oleh brimob dan polres. Nanti hari ini juga langsung didistribusikan ke beberapa untuk tahap satu ini masih kita fokuskan untuk tenaga kesehatan,” ujar Hendra, Selasa (26/1).

Selain pejabat, Hendra mengungkapkan vaksinasi ini juga akan dibagi menjadi tiga tahapan. Tahap pertama difokuskan untuk tenaga kesehatan.

“Tahap berikutnya baru untuk pelayan publik, PNS, TNI, Polri dan lain – lain, berikutnya baru tahap masyarakat umum. Masih dibatas usia 18 – 59 tahun.Jadi kita bagi tiga tahapan,” ungkapnya.

Menurut dia, target yang harus dicapai agar laju pandemi Covid – 19 bisa ditekan adalah 75 persen masyarakat Bangka Barat harus divaksin. Menurut Hendra, bila hal itu bisa dilaksanakan, maka penularan virus corona bisa ditahan karena para penerima vaksin sudah diberi kekebalan.

“Orang yang sudah divaksin masih bisa kena, tapi dia sudah kebal. Tapi dia masih bisa menularkannya kepada orang lain. Targetnya 75 persen masyarakat harus divaksin. Kalau semua sudah tercapai, kita nggak apa – apa lagi melepas masker,” jelasnya.

Hendra menambahkan terkait vaksin sinovac, sampai saat ini belum ada efek samping yang dilaporkan di Bangka Belitung. Namun untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya telah menyiapkan obat-obat alergi.

“Cuma pada prinsipnya setiap penyuntikan obat bisa terjadi efek samping, tapi kita sudah mengantisipasi ya, jadi kita sudah menyiapkan obat – obatan antisipasi alergi besok pada saat penyuntikan Forkopimda dan pejabat publik dan nanti untuk tenaga medis juga kita siapkan,”katanya. (IBB)

loading...

Check Also

Kepala Perangkat Daerah Laporkan Serapan Dana Dekonsentrasi TA 2021

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG– Dalam rangka mendorong percepatan penyerapan penggunaan dana Dekonsentrasi Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Provinsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *