Bangka Barat Terima Penghargaan KLA Pratama Tahun 2021 dari Kementerian PPPA

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Kabupaten Bangka Barat menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Pratama tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia.

Penganugerahan penghargaan ini dihadiri oleh seluruh kepala daerah di Indonesia melalui aplikasi zoom meeting. Sedangkan Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Suwito mengikuti acara tersebut di Ruang Rapat OR I, Setda Bangka Barat, Kamis (29/7).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia, Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si berharap penghargaan ini tidak dilihat sebagai tujuan akhir, tetapi sebagai penyemangat untuk semakin maju dalam memenuhi hak dan melindungi anak di daerah masing – masing.

Ia juga berharap daerah yang telah mendapatkan prestasi, dapat menjadi inspirasi dan dapat membagikan praktik – praktik baiknya bagi daerah lain sehingga dapat bergerak bersama menuju Indonesia maju.

“Dengan bergandengan tangan bersinergi, berkolaborasi dimana seluruh pemangku kepentingan menciptakan lingkungan yang positif, sportif dan ramah anak, yakinlah Indonesia akan bangkit menjadi negara yang maju dan hebat menuju Indonesia Layak Anak, IDOLA tahun 2030 dan Indonesia Emas 2045,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Bangka Barat, H. Sukirman menyampaikan rasa syukurnya karena Babar berhasil mendapatkan penghargaan KLA Pratama. Menurutnya, penghargaan ini dapat diraih berkat kerja sama OPD dan Forkopimda Babar.

” Karena disitu ada beberapa kriteria kan, dari mulai hak anak, gizi dalam kandungan dan lain – lain. Jadi kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sangat serius. Ini pertama kalinya Bangka Barat mendapatkan penghargaan pratama ini bersama kabupaten lainnya,” jelas Sukirman.

Ia menjelaskan masih banyak hal yang perlu ditingkatkan. Akan tetapi, ia lebih menekankan kepada semua pihak untuk memperhatikan hak-hak anak.

” Apalagi di masa pandemi ini kan, anak – anak jangan sampai hak – haknya ditiadakan. Pemerintah akan lebih serius lagi. Pendidikan terutama dari PAUD, TK, SLTA segala macam itu harus menjadi kewajiban kita bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Suwito menyebut diraihnya penghargaan KLA Pratama ini merupakan hasil dari kerjasama dan perhatian seluruh komponen yang ada di Bangka Barat baik Pemda, instansi vertikal, BUMN dan lain sebagainya karena telah banyak memberikan support dan perhatiannya terkait dengan hak-hak anak.

” Dan alhamdulillah artinya seluruh komponen-komponen pembangunan di Bangka Barat ini di akui oleh Kementerian PPPA sudah mendukung terkait dengan perlindungan dan pemberian hak-hak anak,” sebutnya.

” Jadi kalau penghargaan KLA itu yang paling bawah sekali yang paling dasar dengan nilai diatas 500 itu Pratama tapi di atas lagi itu ada namanya Nindya sampai dengan yang tingkatan paling tinggi namanya paripurna. Tapi kita sedikit-sedikit dan Alhamdulillah sudah diakui oleh pemerintah pusat terkait dengan penghargaan KLA ini itu mendapatkan Pratama,” tambahnya. ( IBB/ADV )

loading...

Check Also

Bupati Bangka Resmikan Rumah Literasi Pesisir di Kawasan Nelayan 1

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Bupati Bangka Mulkan meresmikan Rumah Literasi Pesisir (RUSIP) yang berada di kawasan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *