Bangka Tengah Dapat Jatah Replanting Kebun Sawit 500 Hektare

WARTABANGKA, KOBA – Kabupaten Bangka Tengah pada tahun 2021 mendapatkan jatah luas perkebunan kelapa sawit yang akan direplanting sebanyak 500 hektare. Replanting ini akan dikhususkan bagi kebun sawit milik warga yang tidak produktif.

“Kita dapat kuota 500 hektare tahun ini. Program replanting tersebut, sudah masuk tahapan sosialisasi sekaligus pendataan kebun sawit warga,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Bangka Tengah, Sajidin, Rabu (24/2).

Pihaknya, kata Sajidin, masih fokus di Kecamatan Koba dan Namang, selanjutnya diikuti 4 kecamatan lainnya di Bangka Tengah.

“Sudah ada beberapa petani yang mendaftarkan ke kami. Kami upayakan sebelum ramadan tahun 2021, rekomendasi teknis sesuai data yang masuk ini akan kami berikan ke pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Bangka Belitung,” kata Sajidin.

Dia menambahkan syarat mengikuti program replanting kebun sawit, yakni memiliki batang sawit tidak produktif, perkebunan sawit merupakan kawasan Area Pengguna Lainnya (APL) dan satu orang petani memiliki kebun sawit maksimal seluas 4 hektare.

“Peserta replanting kebun sawit ini mendapatkan anggaran biaya replanting senilai Rp30 juta per hektare. Anggaran tersebut digunakan sebagai biaya pembukaan lahan atau penebangan batang sawit non produktif, pembelian bibit hingga pembelian pupuk,” sebut Sajidin.

Terkait pembelian bibit untuk kegiatan replanting, kata Sajidin pihaknya akan memberdayakan penangkaran lokal yang memiliki Izin Usaha Perkebunan (IUP).

“Harapan kami melalui kegiatan replanting ini, dapat mensejahterakan petani di Bangka Tengah,” pungkasnya. (RN)

loading...

Check Also

Tim Predator Polsek Lubukbesar Door To Door Ajak Warga Ikuti Vaksinasi Covid-19

WARTABANGKA.COM, LUBUKBESAR – Tim Predator Polsek Lubuk Besar gencar mengajak warga mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *