Bangun Fasilitas Air Mancur Siap Minum, Segini Biaya yang Dikeluarkan PDAM TSS

Direktur PDAM Tirta Sejiran Setason (TSS), Najamudin

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Direktur PDAM Tirta Sejiran Setason (TSS), Najamudin mengatakan saat ini fasilitas air mancur siap minum baru ada di tiga titik yakni MAN 1 Muntok, Masjid Al Islah dan PDAM Tirta Sejiran Setason. Pihaknya akan mencoba memperluas fasilitas air siap minum itu di titik-titik lain seperti kantor pemda, pasar dan tempat umum lain seperti yang diminta oleh bupati.

“Jadi kedepannya mungkin PDAM sendiri tapi tetap di bawah teknisnya LIPI, kami akan mencoba membuat di titik lainnya, apalagi tadi pak bupati minta ke pemda. Saya akan mencoba mempelajari itu apakah bisa. Iya di Masjid Jamik misalnya atau di pasar, kedepannya akan saya pikirkan dahulu,” kata Najamudin di halaman Kantor PDAM Tirta Sejiran Setason, Selasa (18/8).

Menurut dia, untuk pembangunan fasilitas air siap minum tersebut membutuhkan biaya investasi yang cukup besar. Setidaknya, menurut Najamudin, dibutuhkan dana lebih Rp200 juta.

Bupati Bangka Barat Resmikan Fasilitas Air Siap Minum

“Untuk mesin hibah LIPI, investasi itu alat sekitar Rp40 juta dan mesin Rp100 juta, jadi lebih dari Rp200juta. Saya kira untuk pelanggan kita kan investasi besar-besaran, karena dia kan pipa khusus, saya kira masih panjang kalau untuk semua pelanggan. Karena pipa lama nggak mungkin kita pakai, pipanya harus higienis, mungkin dalam jangka panjang itu bisa,” lanjutnya.

Dia menerangkan produk ini sempat tertunda selama empat tahun lamanya. Kemungkinan, katanya, penyebab tertundanya launching ini dikarenakan teknis.

“Hampir empat tahun tertunda, penyebabnya mungkin bnyak teknis, saya pertama kali jadi direktur itu yang saya utamakan,” sebut Najamudin.

Bupati Markus Harap PDAM Tingkatkan Jumlah Fasilitas Air Siap Minum

Untuk itu, dirinya berharap fasilitas ini dapat dimanfatkan oleh MAN 1 Muntok dan pengunjung Masjid Al Islah. Selain itu, fasilitas keran air minum dapat dijaga dengan sebaik-baiknya.

“Harapannya air itu bisa dimanfaatkan oleh anak-anak yang sekolah di MAN, kaum ulama di masjid dan kami berharap alat itu di jaga. Karena kalau tidak dijaga dia akan mubazir,” tukasnya. (*/)

loading...

About Ryu

Check Also

Resmikan Lab Biomolekuler, Molen Harap Percepatan Penanganan Covid-19

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) mengharapkan penanganan Covid-19 di kota Pangkalpinang dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *