Bawaslu Babel dan Bawaslu Babar Awasi Pendaftaran Paslon Pilkada 2020

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Bawaslu Kabupaten Bangka Barat (Babar) melakukan pengawasan pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati Babar tahun 2020 di Kantor KPU Kabupaten Babar yang dimulai 4 September hingga 6 September 2020.

Dalam pengawasan pada 4 September 2020 terlihat bapaslon bupati dan wakil bupati Babar atas nama Markus dan H. Badri Syamsu yang diusung PDIP, Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PBB mendatangi KPU Bangka Barat pada pukul 13.30 WIB.

Merespon hal itu Ketua Bawaslu Babar, Rio Febri Fahlevi mengaku sudah melakukan berbagai persiapan pengawasan guna mengawasi tahapan pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat.

“Sampai sekarang Bawaslu Babar, dari hasil rapat pleno kita sudah menetapkan tim untuk melakukan pengawasan di proses pendaftaran dari tanggal 4 sampai tanggal 6 September ini, tim terbagi dari staf SDM, data dan informasi, pengawasan, hukum dan humas,” ucap Rio saat diwawancarai oleh Tim Humas Bawaslu Babel.

Rio juga menjelaskan bahwa pihaknya juga telah mengimbau seluruh partai politik untuk tidak membawa massa yang banyak di tengah pandemi Covid-19 dan untuk bapaslon petahana incumbent untuk tidak menggunakan fasilitas negara.

Selain itu, menurut dia, jajaran Bawaslu juga telah mengimbau partai politik untuk melengkapi administrasi pendaftaran bagi Partai Politik yang sudah melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda).

“Untuk berkas dukungan baik dari partai politik maupun dari bakal calon sendiri, karena ada salah satu partai pengusung sudah melakukan Musda kita juga sudah menghimbau untuk secepatnya melengkapi administrasi SK terbaru sebagai antisipasi pelanggaran,” ujar Rio.

Sementara itu Anggota Bawaslu Babar, Annas selaku Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal menegaskan bahwa himbauan kepada Parpol yang baru melaksanakan Musda untuk melengkapi administrasi dalam rangka mencegah adanya Sengketa Pilkada 2020.

loading...

Check Also

Erzaldi Yakin Bangka Barat Akan Berkembang Dalam Waktu Dua Tahun ke Depan

WARTABANGKA, MUNTOK – Kabupaten Bangka Barat adalah suatu daerah yang luar biasa. Apalagi di Kecamatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *