Bawaslu Babel Gelar Supervisi dan Monitoring ke Bawaslu Basel

WARTABANGKA, TOBOALI– Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Andi Budi Yulianto melakukan supervisi dan monitoring ke Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Selasa (13/10). Supervisi dan monitoring dilakukan untuk mengetahui perkembangan atas saran perbaikan yang disampaikan oleh Bawaslu Basel kepada KPU Basel.

“Bawaslu melaksanakan supervisi dan monitoring terkait beberapa agenda yakni masalah kesiapan jajaran Bawaslu Kabupaten terkait daftar pemilih, kita ingin tahu sejauh mana perkembangan tindak lanjut dari saran perbaikan yang sudah disampaikan,” ujar Andi usai pelaksanaan supervisi.

Andi juga menegaskan bahwa terkait daftar pemilih sedang dalam proses perbaikan dan selalu dimonitoring oleh Bawaslu Kabupaten Basel. Bahkan pihaknya juga memberikan materi terkait aplikasi yang dibuat Bawaslu Babel, sehingga bisa memantau langsung kinerja Panwascam apabila ada kendala dan pelanggaran pelaksanaan tahapan Pilkada 2020.

Menurutnya supervisi ini bermanfaat untuk menggali informasi dari Panwascam terkait kendala proses pengawasan tahapan Pilkada di lapangan, oleh karena itu lanjut Andi pihaknya bersama Bawaslu Basel mengumpulkan seluruh Panwascam se-Kabupaten Basel.

Selanjutnya Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubal Bawaslu Babel menjelaskan supervisi juga dilakukan dalam rangka memberikan materi terkait alat kerja berupa aplikasi yang dirancang oleh Bawaslu Babel, menurutnya materi penggunaan aplikasi ini sangat penting agar bisa setiap saat memantau proses pengawasan jajaran Bawaslu di lapangan.

“Kita ingin mendapatkan informasi dari panwascam selama proses pengawasan, harapannya dengan penggunaan alat kerja pengawasan pada aplikasi ini bisa kita dapatkan informasi dari dua arah yakni dari Panwascam maupun Bawaslu kabupaten,”ucapnya.

Di tempat yang sama Anggota Bawaslu Kabupaten Basel, Azhari menjelaskan terkait perkembangan saran perbaikan daftar pemilih yang sudah disampaikan Bawaslu Kabupaten Basel kepada KPU. Menurut Azhari, saran perbaikan tersebut sudah ditindaklanjuti oleh KPU beserta jajaran.

“Untuk daftar pemilih, sampai saat ini sudah disampaikan hasil pengawasan kepada KPU dalam bentuk saran perbaikan, dari hasil itu saat ini syarat perbaikan sudah ditindaklanjuti PPK dan akan kita kawal lagi dan telusuri kembali untuk memastikannya sebelum penetapan itu dilakukan,” katanya.

Dia menambahkan bahwa saran perbaikan daftar pemilih yang disampaikan Bawaslu kepada KPU tersebut berdasarkan hasil pengawasan dan hasil analisis Bawaslu Kabupaten Basel terhadap daftar pemilih sementara yang diterima. (*/HumasBawasluBabel)

loading...

Check Also

Ringankan Biaya Pengobatan, PT Timah Bantu Warga Bangka Selatan dan Pangkalpinang

WARTABANGKA, BANGKA SELATAN – PT Timah Tbk menyerahkan bantuan biaya pengobatan bagi masyarakat Bangka Selatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *