Bawaslu Babel Minta PTPS Tegas Awasi Mekanisme Tungsura di TPS

WARTABANGKA, TUKAKSADAI – Menjelang pelaksanaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara (Tungsura) Pilkada Tahun 2020 Kabupaten Bangka Selatan, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di setempat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Simulasi Pemungutan Suara kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Salah satu Panwascam yang melaksanakan bimtek dan simulasi pemungutan suara adalah Kecamatan Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan. Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Firman T.B. Pardede hadir dalam pelaksanaan bimtek dan simulasi tersebut.

Dalam kesempatan itu, Firman berharap PTPS harus tegas dan ketat dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat berlangsung proses Tungsura.

“Keselamatan manusia lebih penting dari segalanya, jadi jangan sampai momen ini menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19,” ujar Firman saat mengunjungi lokasi bimtek, Kamis (3/12).

Kunjungan Firman ke Panwascam Tukak Sadai ini dimanfaatkan jajaran Panwascam Tukak Sadai untuk berdiskusi dan bertanya mengenai permasalahan yang seringkali terjadi saat berlangsung proses Tungsura di TPS, diantaranya terkait pemilih disabilitas yang didampingi saat datang ke TPS.

“Jika karena situasi yang tidak memungkinkan pemilih menggunakan hak pilihnya sendiri maka ia bisa didampingi sesuai mekanisme yang ada,” ungkap Firman.

Dia menyempatkan memberikan motivasi kepada seluruh PTPS se-Kecamatan Tukak Sadai dan mengajak seluruh PTPS untuk berani mengeluarkan pendapat apabila saat pelaksanaan Tungsura di TPS ada ditemukan mekanisme yang tidak sesuai dengan regulasi.

“Kita pengawas pemilihan harus berani menyampaikan kepada Ketua KPPS kalau ada hal-hal yang janggal melanggar ketentuan, sampaikan saja,” tegas Firman.

Lebih lanjut ia berpesan agar jajaran Bawaslu senantiasa berdoa agar pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 berjalan aman, lancar dan selamat serta terhindar dari paparan Covid-19.

Pantauan Tim Humas Bawaslu Babel, proses simulasi Tungsura dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat serta dengan keadaan pemungutan suara yang sebenarnya, hal ini dilakukan dalam rangka antisipasi agar PTPS yang bertugas terbiasa dengan suasana dan kondisi saat Tungsura berlangsung.

Penulis dan Foto : Jazzkyanda

Editor : Hilton Tampubolon

loading...

Check Also

Tim Predator Polsek Lubukbesar Door To Door Ajak Warga Ikuti Vaksinasi Covid-19

WARTABANGKA.COM, LUBUKBESAR – Tim Predator Polsek Lubuk Besar gencar mengajak warga mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *