Bawaslu Babel Terima Kunjungan Kerja Anggota DPRD Beltim

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Firman T.B. Pardede menjelaskan larangan bagi seorang tim kampanye, pasangan calon, maupun anggota partai politik selama tahapan Pilkada 2020 saat menerima kunjungan anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur di ruang rapat Kantor Bawaslu Babel, Kamis (15/10).

“Kami mengarahkan teman-teman untuk independen, begitupun penyelenggara, kami netral dan hanya patuh kepada Tuhan dan undang-undang,” tegas Firman.

Lebih lanjut Firman menjelaskan untuk tahapan kampanye di tengah pandemi, tidak ada ada lagi metode rapat umum yang sifatnya mengumpulkan massa. Menurutnya, hal ini sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 2020 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun Tahun 2020.

“Memang tidak ada lagi rapat umum yang sifatnya mengumpulkan massa, yang diperkenankan hanya kampanye tatap muka dengan jumlah terbatas, ini jenis metode kampanye yang diperkenankan,” paparnya.

Namun dirinya menjelaskan pula bahwa kampanye dengan mengumpulkan massa tetap diperbolehkan melalui ruang virtual atau daring dan tidak secara langsung.

Menurut dia, Bawaslu mempunyai tugas tambahan saat mengawasi tahapan Pilkada 2020 di tengah pandemi, dimana Bawaslu diberikan kewenangan untuk mengawasi protokol kesehatan yang dilakukan oleh pasangan calon, tim kampanye maupun masyarakat secara umum ketika terlibat dalam tahapan Pilkada 2020.

“Bawaslu ada di posisi pemerintah untuk membantu menyelamatkan masayarakat dengan menerapkan 3M yakni Mencuci Tangan, Menggunakan Handsanitizer dan Menjaga Jarak,” ujar Firman.

Dalam pertemuan itu, dia mengimbau agar seluruh kandidat calon bupati dan wakil bupati di Babel beserta tim kampanye untuk mematuhi segala protokol pencegahan Covid-19, pasalnya apabila hal itu dilanggar, Bawaslu dan jajarannya dapat memberikan rekomendasi untuk membubarkan kampanye atau pertemuan paslon dengan masayarakat.

Bahkan untuk mencegah berbagai pelanggaran tersebut, diakui Firman bahwa Bawaslu telah melakukan kerja sama dengan sejumlah pihak seperti Tim Cyber Polda Kepulauan Babel, Komisi Informasi, Perguruan Tinggi dan sejumlah Lembaga terkait lainnya. (*/HumasBawasluBabel)

loading...

Check Also

Gubernur Babel Siapkan Bonus 250 Juta untuk Peraih Emas PON XX Papua

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Roesman akan memberikan bonus bagi atlet …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *