Bawaslu Bateng Pastikan Petahana Kembalikan Fasilitas Negara

WARTABANGKA, KOBA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) memastikan secara langsung pengembalian terhadap fasilitas yang digunakan oleh H. Ibnu Saleh yang mencalonkan kembali pada Pilkada Tahun 2020 ini.

Kepastian ini dilakukan dengan melakukan pengecekan terhadap semua fasilitas yang diterima dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bateng.

Kegiatan pengecekan ini dipimpin langsung Anggota Bawaslu Kabupaten Bateng, Wahyu Tri Buwono yang dilakukan pada Senin (28/9) bersama pihak Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Pemkab Bateng. Hadir juga dalam pengecekan tersebut Anggota KPU Kabupaten Bateng, Hendra Sinaga.

“Kita sengaja datang ke rumah dinas bupati untuk memastikan seluruh fasilitas, seperti mobil, rumah dinas, dan fasilitas lainya telah dikembalikan. Dari hasil inventarisasi dan pengecekan yang kita lakukan ini, seluruh fasilitas dipastikan telah dikembalikan,” ujar Wahyu Tri Buwono disela-sela pengecekan.

Diiungkapkannya, seluruh fasilitas negara yang melekat pada diri Ibnu Saleh selaku petahana di Pilkada Kabupaten Bateng tahun 2020 ini, dari hasil pengecekan diketahui telah diserahkan sejak Sabtu tangg 26 September 2020 akhir pekan kemarin.

“Berita Acara pengembalian juga kita lakukan pengecekan bersamaan dengan fisik barangnya. Dari hasil pemeriksaan kita, seluruh fasilitas negara telah dikembalikan di hari pertama kampanye pada Sabtu (26/9) kemarin,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Wahyu bahwa ketentuan cuti di luar tanggungan negara pada masa kampanye, memang telah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016. Untuk itu, penting bagi pihaknya memastikan seluruh fasilitas tersebut telah dikembalikan, agar tidak terjadi pelanggaran penggunaan fasilitas negara.

“Ketentuan ini memang sudah diatur di dalam Undang-Undang. Jadi, pengecekan yang kita lakukan ini untuk memastikan bahwa ketentuan tersebut telah dilaksanakan,” katanya.(*/Humas Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah)

loading...

Check Also

Masuk Mapolres Bangka Tengah Wajib Scan QR Code Peduli Lindungi

WARTABANGKA.COM, KOBA – Bagi tamu yang hendak berkunjung ke Mapolres Bangka Tengah kini diwajibkan melakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *