Belitung Masuk Daftar UNESCO Global Geopark, Darmansyah Sebut Tantangan Bagi Pemda

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Ditetapkannya Geopark Belitong di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sebagai Global Geopark oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menjadi tantangan bagi Pemda untuk menjaga kelestarian alam.

Demikian diungkapkan oleh anggota DPD RI asal Babel, Darmansyah Husein. Ia mengapresiasi, keberhasilan Geopark Belitong tembus di tingkat internasional atau dunia.

“Ini suatu keberhasilan yang luar biasa, alam kita terutama yang ada di Belitung, Geopark Belitong masuk dan ditetapkan sebagai global geopark, ini jaringan dunia,” ujar Darmansyah belum lama ini.

Akan tetapi, sebutnya, pemda jangan berbesar hati setelah geopark ini ditetapkan sebagai global geopark, banyak tantangan yang harus dilaksanakan untuk menjaga kelestarian alam di wilayah tersebut.

“Ini tantangan bagi daerah mengatur bagaimana potensi alam bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, agar alam tidak rusak,” ingatnya.

Mantan Bupati Belitung ini menyebutkan, Babel memiliki potensi geologi (geopark) yang sangat banyak, bagaimana potensi ini dijaga agar tidak rusak dan porak poranda.

“Ini yang mesti dijaga, potensi kita banyak, alam kita indah, bebatuan, pantai dan sebagainya. Jangan sampai porak-poranda sehingga menjadikan tidak menarik, ” tukas dia.

Darmansyah oprimis, jika geopark belitong ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memberikan warna baru bagi pelancong untuk menikmati alam yang bersih dan indah di Babel. (two/*)

loading...

Check Also

Proses Instalasi Komponen Mesin Capai 81 Persen, PLN 24 Jam Non Stop Pulihkan Sistem Kelistrikan Pulau Bangka

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Proses instalasi komponen mesin PLTMG dari Riau kini mencapai 81 persen. Sejak kedatangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *