Tak Punya C6, Anda Masih Bisa Gunakan Hak Pilih
Banner DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

Tak Punya C6, Anda Masih Bisa Gunakan Hak Pilih

Tak Punya C6, Anda Masih Bisa Gunakan Hak Pilih
Ketua KPU Provinsi Bangka Belitung, Davitri

WARTABANGKA.COM,PANGKALPINANG - Bagi pemilih yang tidak memiliki atau mendapatkan formulir C6 tetap bisa menggunakan hak pilihnya saat hari pemungutan suara 17 April 2019 dengan membawa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). 

"Mereka yang tidak memiliki C6 tetap bisa memilih, cukup menggunakan e-KTP atau surat keterangan (suket) resmi dari dinas kependudukan dan catatan Sipil ," kata Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Davitri, saat menghadiri konferensi pers di Mapolda Babel, Senin (15/4).

Selain itu, dia menjelaskan, bagi pemilih yang namanya tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), juga masih bisa menggunakan hak suaranya dengan  menunjukan e-KTP tetapi hanya bisa memilih di alamat sesuai e-KTP.

"Yang namanya tidak masuk dalam DPT,  mereka bisa masuk dalam Daftar Pemilih khusus (DPK) atau Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Dimana di hari pemungutan suara saat mendatangi TPS, pemilih diwajibkan membawa KTP-el atau suket yang asli. Hanya saja pemilih baru bisa memilih pada pukul 12.00-13.00 WIB," jelasnya.

Jika KTP-el atau suket dari Dinas Dukcapil bersangkutan diragukan, dikatakan dia, KPPS dapat meminta kepada pemilih menunjukkan kartu keluarga (KK) atau dokumen identitas lainnya.

"Dokumen tersebut yang menyertakan informasi tentang nama, tanggal lahir, alamat dan foto. Identitas yang perlu dibawa adalah yang asli. Begitupun jika persediaan surat suara di TPS wilayah pemilih habis, KPPS akan mengarahkan untuk pindah ke TPS terdekat dalam wilayah RT dan RW," tandasnya (*/DEI)

penulis:

Komentar Via Facebook