Petugas Layanan Akta Kelahiran Online Kabupaten dan Kota se-Babel Dibekali Pelatihan
Banner DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

Petugas Layanan Akta Kelahiran Online Kabupaten dan Kota se-Babel Dibekali Pelatihan

Petugas Layanan Akta Kelahiran Online Kabupaten dan Kota se-Babel Dibekali Pelatihan
Peserta bimtek layanan akta kelahiran online di Sun Hotel, Pangkalpinang, Selasa (13/8).WARTABANGKA.COM/TWO

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG -  Empat orang petugas di dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil) masing-masing kabupaten dan kota di Provinsi Bangka Belitung (Babel) dibekali bimbingan teknis terkait layanan akta kelahiran online.

"Dua hari ini kita latih dulu para petugasnya yang berhubungan dengan penerbitan akta kelahiran secara online, empat orang ini yang erat kaitannya dengan layanan ini," kata Kepala DP3ACSKB Babel, Susanti saat bimtek di Sun Hotel, Pangkalpinang, Selasa (13/8).

Empat orang yang dimaksud mulai dari kabid pencatatan sipil, kasi terkait, staf administrasi database dan operator. Setelah dibekali pemahaman tentang layanan akta kelahiran online ini, diharapkan pada 15 Agustus mendatang sistem pendaftaran dan pencetakan akta kelahiran online sudah bisa dilakukan.

"Nanti masyarakat cukup kirim datanya kepada call center atau nomor yang kita sediakan di masing-masing kabupaten dan akan terhubung ke dua orang petugas di dukcapil," jelasnya.

Secara nasional, sebutnya, layanan tersebut juga sudah diberlakukan, masyarakat bisa mengakses https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/.

"Layanan ini tentunya memudahkan masyarakat, lebih cepat, dan efisien, yang sudah dimulai tahun 2018 secara nasional sesuai dengan  Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 118 tahun 2017," pungkasnya.(*/ TWO)

penulis: TWO

Komentar Via Facebook