2025, Kadin PKPLH Basel Targetkan Masalah Sampah Tuntas
Banner DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

2025, Kadin PKPLH Basel Targetkan Masalah Sampah Tuntas

2025, Kadin PKPLH Basel Targetkan Masalah Sampah Tuntas
Kepala DPKPLH Basel, Gatot Wibowo

WARTABANGKA.COM, TOBOALI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) menargetkan pada tahun 2025 mendatang seluruh permasalahan sampah di daerah itu teratasi 100 persen.

Kepala DPKPLH Basel, Gatot Wibowo kepada wartawan belum lama ini mengatakan di tahun 2025 seluruh permasalahan sampah sudah tertangani dengan rincian 30 persen pengurangan dan 70 persen dengan pengolahan.

"Artinya kalau pengolahan bisa dengan cara menambah pusat daur ulang, bank sampah, tempat pengolahan sampah reduce, reuse recycle, tempat pembuangan sampah terpadu. Kalau contoh pengurangan bisa dengan cara pengurangan penggunaan plastik satu kali pakai dengan cara memakai tumbler untuk air minum," ujar Gatot.

Di sisi lain, dia menerangkan, saat ini kategori  Adipura tidak seperti dulu yang memiliki kategori metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil, namun menggunakan sistem level yang akan ditentukan pada saat tim penilai melakukan verifikasi.

"Ini sesuai dengan kebijakan strategi daerah yang harus disampaikan ke pusat dan dari 480 kabupaten lebih di Indonesia, sampai saat ini baru 360 kabupaten yang menyampaikan Jastrada dan Basel sudah menyampaikan melalui perbup nomor 51 tahun 2018 dan yang menyampaikan ada kemungkinan dinilai oleh tim penilai Adipura," sebutnya.

Dengan sejumlah langkah dan persiapan penilaian Adipura yang dilakukan Pemkab Basel, Gatot  pun optimis dapat mempertahankan piala Adipura tersebut dimana dalam dua tahun terakhir diraih Kabupaten Basel secara beruntun. (*/TRA) 

penulis: TRA

Komentar Via Facebook