Bupati Markus Beri Penghargaan kepada Desa yang Capai Target Bayar PBB
Banner DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

Bupati Markus Beri Penghargaan kepada Desa yang Capai Target Bayar PBB

Bupati Markus Beri Penghargaan kepada Desa yang Capai Target Bayar PBB
Penyerahan penghargaan oleh Bupati Babar, Markus kepada perwakilan desa terkait pembayaran PBB di Gedung Graha Aparatur Pemkab Babar, Rabu (4/12).WARTABANGKA.COM/IBB

WARTABANGKA.COM, MUNTOK - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Babar) melalui Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah memberikan penghargaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan/Perkotaan tahun 2019 di Gedung Graha Aparatur Pemkab Babar, Rabu (4/12).

Penghargaan diserahkan Bupati Babar, Markus kepada desa dengan capaian target 19 November 2019 sebanyak 29 desa, capaian target per 26 November 2019 sebanyak 6 desa dan desa/kelurahan realisasi tertinggi dalam pencapaian PBB P2 sampai dengan 26 November 2019 sebanyak 7 desa/kelurahan.

Bupati Babar, Markus mengatakan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan sangat berpotensi meningkatkan pendapatan asli daerah apabila aparatur pemerintah daerah dan masyarakat dapat meningkatkan kesadarannya dalam membayar pajak.

"Peningkatan pendapatan tersebut harus selalu diiringi dengan validitas data objek dan subjek pajak yang riil sesuai dengan keadaan sebenarnya," kata Markus.

Menurut dia, penyerahan penghargaan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap pengembangan dan peningkatan potensi pajak daerah.

"Dengan adanya kegiatan ini, maka diharapkan dapat memacu dan mengunggah kesadaran masyarakat selaku wajib pajak agar turut serta menjadi warga taat pajak yang kemudian dapat mewujudkan pembangunan menuju Bangka Barat Hebat," sebut Markus.

Markus mengaku sangat bersyukur bahwa capaian pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan tahun 2019 di Babar mencapai Rp3,2 miliar, meskipun belum mencapai target yang ditentukan yakni sebesar Rp 3,5 miliar.

Namun, walaupun demikian, Markus mempunyai keyakinan yang besar bahwa sebenarnya pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan ini masih dapat meningkat jauh lebih besar apabila semua pihak berkomitmen untuk melakukan upaya peningkatan yang nyata.

"Salah satu upaya nyata telah dilakukan pemuktahiran data di tahun 2018 di Kecamatan Tempilang dan di tahun 2019 ini di Kecamatan Kelapa," jelas Markus.

Dia menambahkan Pemerintah Kabupaten Babar menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat yang telah memenuhi kewajiban pajaknya pada tahun 2019.

"Secara khusus rasa terima kasih yang mendalam juga disampaikan kepada aparat di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan yang telah bekerja keras sehingga target PBB yang ditetapkan pada tahun 2019 dapat tercapai," pungkas Markus. (*/)

penulis: IBB

Komentar Via Facebook