Si Kuning Citra Manis dari Penagan, Juarai Kontes Durian Babel 2020
Banner DPRD Babel Bateng Covid 19
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

Si Kuning Citra Manis dari Penagan, Juarai Kontes Durian Babel 2020

Si Kuning Citra Manis dari Penagan, Juarai Kontes Durian Babel 2020
Ardiansyah, saudara Zaimi pemilik durian Citra Manis, saat menunjukkan buah durian usai dinobatkan sebagai jawara dalam kontes durian Babel tahun 2020 yang digelar Pemprov. Bangka Belitung, Sabtu (11/1). WARTABANGKA.COM/TWO

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG - Durian berwarna kuning, dengan ukuran yang tidak terlalu besar, bernama Citra Manis, asal Dusun Air Petaling, Desa Penagan, Bangka, berhasil keluar sebagai juara satu dalam kontes durian Babel tahun 2020, Sabtu (11/1).

Durian ini, mengalahkan 206 peserta lainnya dalam kontes durian pertama yang digelar Pemprov Babel. Dengan rasa yang manis, ketebalan yang sempurna, dan berbiji kecil atau kempet.

Durian Citra Manis ini, milik Zaini, berhasil mengumpulkan nilai 232,5 dengan nomor peserta 105, membuat dewan juri akhirnya takluk akan keunggulan durian ini.

"Awalnya coba-coba ikut kontes, karena memang kami merasa durian citra manis ini rasanya memang enak. Dan Alhamdulillah bisa menang dan menjadi juara pertama," ujar Ardiansyah, saudara Zaimi yang membawa durian ini pada kontes durian.

Ia menyebutkan, dari puluhan pohon durian di kebunnya, hanya ada satu pohon yang memikiki buah citra manis ini dan sering diburu pembeli.

"Biasanya kita jual yang kecil Rp50.000 yang besar Rp100.000, ini paling dicari pembeli," sebutnya.

Sementara, Gubernur Babel Erzaldi Rosman menyebutkan, durian Citra Manis ini memang luar biasa.

"Durian nya manis, ketebalan oke, yang pasti luar biasa. Dari apa yang dipilih, akan kita verifikasi dan daftarkan ke balai, sehingga varietas akan diperbanyak, terutama ke desa pemenangnya berasal," tukasnya.

Baca juga: Pertama Digelar, Kontes Durian Babel Diikuti 207 Peserta

Tim juri pun mengaku kesulitan menentukan pemenang dari kontes durian terbesar ini, karena banyaknya varietas yang ikut dan rasa yang luar biasa.

"Hari ini bagi kami salah satu tugas yang sangat berat dan susah, mohon maaf waktunya sangat panjang dan nilainya bedanya sangat tipis. Selamat kepada pemenang dan ini harus disyukuri," ujar salah satu juri, Panca Jarot Santoso dari Balai penelitian dan pengembangan dan tanaman buah, Balitbang Kementan RI. (*)

penulis: TWO

Komentar Via Facebook