Pilkada Bateng 2020, Jumlah TPS Bakal Berkurang
Banner DPRD Babel Fraksi PPP DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

Pilkada Bateng 2020, Jumlah TPS Bakal Berkurang

Pilkada Bateng 2020, Jumlah TPS Bakal Berkurang
Komisioner Komisi Pemilihan Umum Bateng, M.Panjitiana

WARTABANGKA.COM, KOBA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), M.Panjitiana menyebutkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bateng tahun 2020 akan berkurang jika dibandingkan saat Pemilu 2019 lalu.

"Selisih jumlah TPS antara Pemilu 2019 dengan Pilkada Bateng 2020 sebanyak 102 TPS. Jumlah TPS pada Pemilu 2019 di Bateng sebanyak 477 TPS, sedangkan Pilkada Bateng yang akan diselenggarakan pada tahun 2020 ini sebanyak 375 TPS," kata M Panjitiana kepada wartabangka.com, Rabu (15/1).

Komisioner divisi perencanaan, data dan informasi ini mengatakan perbedaan jumlah TPS telah di atur dalam peraturan perundang-undangan. Untuk Pemilu tahun 2019 yang terdiri dari Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) diatur dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Pada regulasi Pilkada, kata Panjitiana, pihaknya menganut pada UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada. Di dalam regulasi tersebut, disebutkan bahwa maksimal jumlah mata pilih per TPS sebanyak 800 mata pilih sehingga jumlah TPS sesuai kebutuhan menjadi 375 TPS.

"Masing-masing TPS tersebut di tetapkan sesuai kebutuhan merujuk pada jumlah mata pilih Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 122.130 mata pilih, luas wilayah, kondisi lapangan hingga jarak tempuh serta anggaran tersedia," ungkapnya.

Terkait titik TPS, pihaknya belum melakukan pleno penetapan dan akan berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa/kelurahan se-Bateng dalam waktu dekat.

"Titik TPS pada Pemilu 2019 dan Pilkada Bangka Tengah tahun 2015 kemarin akan kita evaluasi kemudian ditetapkan dalam waktu dekat. Harapan kami, titik TPS yang tetapkan merupakan titik strategis yang dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Bangka Tengah 2020," pungkasnya. (*/)

  

penulis: RN

Komentar Via Facebook