Bupati Ibnu Targetkan Air Kuning Jadi Sentra Sapi Bateng
Banner DPRD Babel Fraksi PPP DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

Bupati Ibnu Targetkan Air Kuning Jadi Sentra Sapi Bateng

Bupati Ibnu Targetkan Air Kuning Jadi Sentra Sapi Bateng
Bupati Bateng, Ibnu Saleh menyerahkan bantuan sapi kepada Kelompok Tani (Koptan) Air Kuning, Desa Celuak, Kecamatan Simpangkatis, Rabu (15/1). WARTABANGKA.COM/RN

WARTABANGKA.COM, SIMPANGKATIS - Bupati Bangka Tengah (Bateng) menyalurkan bantuan 10 ekor sapi kepada Kelompok Tani (Koptan) Air Kuning, Desa Celuak, Kecamatan Simpangkatis, Rabu (15/1).

"Dusun Air Kuning terdapat 59 kepala keluarga. Dari 10 ekor sapi yang disalurkan, mudah-mudahan ke depan terus berkembangbiak sehingga semua kepala keluarga memelihara sapi," kata Ibnu.

Menurut dia, Pemkab Bateng berupaya menjadikan Dusun Air Kuning menjadi sentra sapi di Bateng. Maka dari itu, ia menekankan dinas terkait untuk terus melaksanakan penyuluhan terhadap koptan di daerah itu.

"Dari 10 ekor, dua sampai tiga tahun ke depan kalau bisa menjadi 60 ekor lalu digulirkan terus dan terus ke koptan se-Bangka Tengah," ungkapnya.

Ibnu mengatakan, populasi sapi dari tahun 2010 hingga sekarang mencapai 5.129 ekor. Angka populasi sapi terus meningkat, karena Pemkab Bateng melakukan perguliran dari satu kelompok ke kelompok lainnya atas bantuan Sapi tersebut setiap tahun.

"Awalnya di tahun 2010, kita bantu koptan di Bangka Tengah sebanyak 600 ekor sapi dan sekarang sudah menjadi 5.129 ekor sapi. Angka ini cukup berhasil dan ke depan terus kita upayakan meningkat," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Bateng, Sajidin mengatakan sebanyak 10 ekor sapi yang diberikan kepada Koptan Air Kuning tersebut, 1 ekor merupakan pemacet (jantan) dan 9 ekor lainnya betina. Bantuan tersebut, katanya, bersumber dari dana APBD Bateng dan Dana Desa Celuak.

"Agar populasi sapi di Bangka Tengah terus meningkat, maka koptan di bawah binaan Pemkab Bangka Tengah terus diberikan penyuluhan secara rutin. Semakin bertambahnya populasi sapi ini, kami harapkan Bangka Tengah dapat menjadi kabupaten pengekspor  daging sapi," ungkap Sajidin. 

Pantauan wartabangka.com, selain memberikan sapi, Bupati Ibnu juga memberikan bibit buah sesuai permintaan masyarakat setempat. (*/)
 

penulis: RN

Komentar Via Facebook