Bawaslu Babar Gelar Rakernis Pengawasan Pembentukan Badan Penyelenggara
Banner DPRD Babel Fraksi PPP DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

Bawaslu Babar Gelar Rakernis Pengawasan Pembentukan Badan Penyelenggara

Bawaslu Babar Gelar Rakernis Pengawasan Pembentukan Badan Penyelenggara
Rapat kerja teknis pengawasan pembentukan badan penyelenggara di Sekretariat Bawaslu Bangka Barat.(IST)

WARTABANGKA.COM, MUNTOK- Bawaslu Kabupaten Bangka Barat (Babar) mengadakan rapat kerja teknis (rakernis) terkait pengawasan Pembentukan Badan Penyelenggara (PPK, PPS dan KPPS), Rabu (15/1). Rapat yang digelar di Sekretariat Bawaslu Babar tersebut dihadiri oleh Panwascam beserta staf se-Kabupaten Babar.

Dalam rapat tersebut Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Erika Herlina menyampaikan aturan terkait pembentukan PPK yang terdapat dalam Undang-Undang 10 tahun 2016, PKPU 13 tahun 2017 dan PKPU 16 tahun 2019.

"Aturan tersebut yang menjadi dasar dari pelaksanaan pengawasan pembentukan badan penyelenggara," kata Erika.

Sementara itu, Kordiv Pengawasan Humas dan Hubal, Ekariva Annas Asmara menyampaikan alat kerja pengawasan pembentukan badan penyelenggara yakni PPK, PPS dan KPPS.

Dia turut menjelaskan pengisian form A yang akan diupload ke dalam aplikasi Cerudik Menumbing sebagai Arsip Digital Form A agar menjadi terstruktur dan dapat dipantau oleh jajaran pengawas pemilu di Kabupaten Babar.

Ketua Bawaslu Babar, Rio Febri Fahlevi berharap kepada Panwascam lebih memaksimalkan aplikasi Cerudik Menumbing untuk lebih mempermudah dalam proses pengawasan.

"Kepada Divisi Penindakan Pelanggaran Panwascam untuk mengkaji peraturan perundang-undangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020,"kata Rio.

Selain rakernis pengawasan pembentukan badan penyelenggara, Bawaslu Babar juga mengadakan rakernis terkait administrasi kesekretariatan panwascam. Rapat tersebut turut dihadiri oleh Kepala Sekretariat dan PUMK (Pemegang Uang Muka Kerja) Panwascam se-Kabupaten Babar.

Dalam rapat tersebut Ketua Bawaslu Babar, Rio Febri Fahlevi menginstruksikan kepada seluruh kepala Sekretariat Panwascam untuk membuat surat keputusan kepada satu orang staf untuk pertanggungjawaban barang-barang inventaris kantor Panwascam. Selain itu, dia juga menyampaikan akan memonitoring terkait pengeluaran anggaran Panwascam.

Bendahara Pengeluaran Pembantu Kabupaten Babar, Karmono menyampaikan tata tertib administrasi kesekretariatan Panwascam agar mempermudah sekretariat dalam administrasi khususnya keuangan.

Erlan selaku Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Babar menambahkan, tupoksi dari kepala sekretariat dan PUMK untuk memfasilitasi kegiatan dari Panwascam sehingga kegiatan pengawasan pemilihan bupati dan wakil bupati bisa berjalan dengan maksimal. (*/)

penulis:

Komentar Via Facebook