KPU Bateng Ajak Wartawan Turut Awasi Proses Rekrutmen Anggota PPK
Banner DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

KPU Bateng Ajak Wartawan Turut Awasi Proses Rekrutmen Anggota PPK

KPU Bateng Ajak Wartawan Turut Awasi Proses Rekrutmen Anggota PPK
Konferensi pers terkait rencana rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), di Ruang Media Center KPU Bateng, Kamis (16/1).WARTABANGKA.COM/RN

WARTABANGKA.COM, KOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar konferensi pers terkait rencana rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), di Ruang Media Center KPU Bateng, Kamis (16/1).

Komisioner Divisi Teknis Perencanaan dan Data KPU Bateng, Marhaendra Yuliansah mengatakan pihaknya akan merekrut petugas yang berintegritas dan jauh dari kepentingan-kepentingan dalam pelaksanaan Pilkada 2020 di Bateng.

"Ruang penyeleksian akan kami buka lebar, mulai dari tanggapan masyarakat. Kemarin Bawaslu juga sudah datang dengan lembaran kerja mereka, untuk mengontrol terkait perekrutan PPK ini," ujar Marhaendra kepada awak media.

Dia juga meminta agar wartawan ikut aktif terlibat dalam perekrutan PPK tersebut, sehingga pada saat KPU mengumumkan nama-nama calon anggota PPK, awak media bisa turut memberikan masukan kepada KPU terkait nama-nama calon tersebut.

"Silakan berikan masukan ke kami terkait seleksi PPK ini. Kalau ada bukti keterlibatan calon PPK dengan partai politik silakan berikan informasi disertai bukti maka akan kami dalami calon tersebut sedalam-dalamnya. Kami menginginkan anggota PPK yang lulus tidak memihak ke salah satu calon bupati dan wakil bupati," tegasnya.

Terkait rekrutmen relawan demokrasi seperti di Pemilu tahun 2019, Ketua KPU Bateng Rusdi menambahkan pada Pilkada 2020 belum dibentuk relawan demokrasi seperti pelaksanaan Pemilu 2019 karena keterbatasan anggaran.

"Tentunya kalau diperbolehkan secara aturan dan anggarannya tersedia, kami siap untuk kembali merekrut relawan demokrasi," ujar Rusdi.

Sedangkan untuk soal ujian tertulis PPK tersebut, Komisioner KPU Bateng Divisi Partisipasi Masyatakat dan SDM, Hendra Sinaga menambahkan soal yang akan keluar sudah ada ketentuannya berdasarkan PKPU, seperti terkait tugas, wewenang dan kewajiban.

"Itu sudah ada ketentuannya, intinya kami membuat soal terkait PKPU ini dan tes tertulis tersebut tidak menggunakan sistem CAT, namun tes tertulis manual. Total anggota PPK yang bakal di rekrut sebanyak 30 orang, masing-masing kecamatan terdapat lima orang anggota PPK," pungkas Hendra. (*/)


 

penulis: RN

Komentar Via Facebook