Dishub Babel Lengkapi Dokumen Pembangunan Pelabuhan Manggar
Banner DPRD Babel Fraksi PPP DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

Dishub Babel Lengkapi Dokumen Pembangunan Pelabuhan Manggar

Dishub Babel Lengkapi Dokumen Pembangunan Pelabuhan Manggar
Kepala Dinas Perhubungan Babel, Tajuddin

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG- Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov Bangka Belitung (Babel) sudah melengkapi dokumen rencana pembangunan Pelabuhan Manggar di Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Rencana pembangunan pelabuhan yang akan menjadi jembatan Sumatera dan Kalimantan ini, rencananya akan dimulai pada tahun 2021 mendatang.

"Pelabuhan ini menjadi akses ke ibukota negara yang baru di Kalimantan, karena jarak Belitung dengan Kalimantan cukup dekat dan menjadi penghubung ke Pulau Sumatera," kata Kadishub Babel, Tajuddin, belum lama ini.

Persyaratan berupa dokumen yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan, menurutnya sudah lengkap. Selanjutnya akan memasuki beberapa tahapan pembahasan berdasarkan usulan yang disampaikan.

“Yang sudah kita lakukan mempersiapkan dan menyelesaikan dokumen yang dibutuhkan. Persyaratan kementerian dokumen perencanaan sudah selesai, pembangunan fisiknya tidak ada masalah dan disetujui pemerintah pusat, tinggal dianggarkan pada tahun 2021,” katanya.

Dia berharap, pelabuhan ini berdampak signifikan secara ekonomi. Terlebih dalam proses distribusi sembako, kendaraan maupun penumpang. 

"Ini juga bisa menjadi ruang kreatifitas lain yang dapat dimanfaatkan dalam kawasan pelabuhan semacam sentra perdagangan, produk Babel akan lebih mudah untuk didistribusikan ke berbagai pulau," ulasnya.

Sebelumnya, Gubernur Babel Erzaldi Rosman meminta dinas perhubungan untuk memanfaatkan peluang ini dalam membuka akses dengan calon ibukota negara yang baru, mengingat Babel merupakan pulau terdekat dengan Kalimantan.

"Babel bisa menjadi pintu gerbang bagi Pulau Sumatera untuk memiliki akses jalur transportasi laut terdekat ke bakal ibukota negara di Kalimantan Timur. Sebab itu, proses pengembangan Pelabuhan Manggar, Belitung Timur harus menjadi perhatian serius," tandasnya.(*/)

penulis: TWO

Komentar Via Facebook