PT Timah Bersama Kapolda dan Bupati Basel Tanam Pohon di Area Reklamasi Keposang
Banner DPRD Babel Fraksi PPP DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

PT Timah Bersama Kapolda dan Bupati Basel Tanam Pohon di Area Reklamasi Keposang

PT Timah Bersama Kapolda dan Bupati Basel Tanam Pohon di Area Reklamasi Keposang
Penanaman pohon di kawasan pasca tambang di Desa Keposang, Kecamatan Toboali, Bangka Selatan, Bangka Belitung, Jumat (24/1). WARTABANGKA.COM/TRA

WARTABANGKA.COM, TOBOALI - Demi menjaga kelestarian lingkungan kabupaten Bangka Selatan PT Timah Tbk melakukan penanaman pohon di kawasan pasca tambang di Desa Keposang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Jumat (24/1). Sebanyak 1966 batang ditanam diluas lahan 12,6 hektar reklamasi PT Timah Tbk di Inas Mekanik Keposang.

Penanaman pohon juga dihadiri Kapolda Bangka Belitung, Brigjen Polisi Drs Anang Syarif Hidayat, Bupati Basel, Drs H Justiar Noer, Kapolres Basel AKBP Ferdinand Suwarji, Kajari Basel Safrianto Zuriat Putra dan Forkopimda lainnya.

Bupati Basel Justiar Noer mengatakan hal tersebut merupakan langkah awal bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan tidak boleh berhenti melainkan harus berkelanjutan dan Pemkab Basel memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak terkait, kepada PT Timah dan Kapolres Basel yang menggagas kegiatan ini. 

"Mari kita tingkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan dengan gemar menanam pohon disekitar kita dan bagi PT Timah  menanam di areal reklamasi selain merupakan kewajiban sebagai pemegang konsesi izin usaha pertambangan untuk kegiatan untuk kegiatan pasca tambang, juga berfungsi edukasi bagi masyarakat karena pelaksanaan reklamasi mengandung prinsip perlindungan pengelolaan lingkungan hidup serta keselamatan dan kesehatan kerja," kata Justiar.

"Mari kita jaga keberlangsungan area reklamasi ini untuk tetap menjaga keseimbangan alam guna mewariskan lingkungan alam guna mewariskan lingkungan yang bisa menopang kehidupan anak cucu kita kelak dikemudian hari," tegas dia. 

Justiar mengucapkan terimakasih dengan ajakan dan harapan kepada khususnya Forkopimda untuk menggerakkan pegawai-pegawai di lingkup instansi masing-masing agar peduli terhadap lingkungan sekitarnya dimulai dengan menanam pohon di sekitar kantor masing-masing begitu juga untuk masyarakat luas.

Disampaikannya pula, penghargaan setinggi-tingginya kepada Kapolda Kepulauan Bangka Belitung beserta jajarannya yang telah menyempatkan hadir bersama-sama dalam kegiatan tanam pohon serentak ini. 

"Terimakasih serta apresiasi kami ucapkan kepada Kapolda Babel Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat yang telah hadir di acara jaga kelestarian lingkungan dengan penanaman pohon di area reklamasi PT Timah di Inas desa Keposang, Toboali," sebutnya.

Sementara itu, GM Babel PT Timah Tbk, Ahmad Syamhadi juga mengucapkan terimakasih atas dukungan Kapolda Babel dan Pemkab Basel atas keberlangsungan kegiatan penanaman pohon di area reklamasi PT Timah Tbk.

"Terima kasih semuanya atas terlaksananya reklamasi hari ini di area reklamasi PT Timah di desa Kepaosang, mudah-mudahan kita berharap semakin hari semkain baik tahap reklamasinya di Provinsi Babel pada umumnya dan Basel pada khususnya," ujarnya.

Siap Tindak Tegas Oknum Rusak Kawasan Reklamasi

Kapolda Bangka Belitung, Brigjen Pol Drs Anang Syarif Hidayat menegaskan akan mengawasi lokasi pasca reklamasi oleh oknum perusak lingkungan yang ingin kembali melakukan penambangan.

Menurut jenderal bintang satu ini, aturan hukum sudah jelas, apabila terdapat oknum yang secara sengaja untuk melakukan aktivitas penambangan di area reklamasi maka akan diterapkan tindakan tegas. Karena penambangan liar atau tanpa izin merupakan perbuatan melawan hukum dan akan ada sanksi hukum yang menjeratnya.

"Aturannya sudah jelas, akan ada tindakan hukum apabila ada oknum tangan jahil yang ingin melakukan penambangan di lokasi yang sudah di reklamasi," tegas kapolda.

Untuk itu, ia mengharapkan peran serta stakeholder dan masyarakat untuk secara bersama mengawasi area reklamasi ini, guna menghindari adanya aktivitas tambang di kawasan steril.

"Saya mengharapkan kerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat, serta laporkan apabila ada yang menemukannya aktivitas pertambangan kepada kami, dalam hal ini Polres Bangka Selatan yang terdekat dan akan dikenakan dengan aturan hukum yang berlaku," harapnya. (*/) 

penulis: TRA

Komentar Via Facebook