Dinas Pertanian Babel Berniat Kirim Sperma Sapi dari BBIB Singosari, Ini Tujuannya
Banner DPRD Babel Fraksi PPP DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

Dinas Pertanian Babel Berniat Kirim Sperma Sapi dari BBIB Singosari, Ini Tujuannya

Dinas Pertanian Babel Berniat Kirim Sperma Sapi dari BBIB Singosari, Ini Tujuannya
Kepala Dinas Pertanian Pemprov Babel, Juaidi

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG- Dinas Pertanian Pemprov Bangka Belitung (Babel) berniat untuk mengambil sperma sapi yang ada di Balai Benih Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Sperma ini, akan dijadikan bibit dan disuntikkan ke sapi betina yang ada di Balai Benih Pertanian Pemprov Babel, di Air Pelempang, Kabupaten Bangka.

"Kita akan kerja sama pembibitan sapi ini, mudah-mudahan bisa segera terlaksana, agar mampu memenuhi swasembada sapi di Babel," sebut Kepala Dinas Pertanian Pemprov Babel, Juaidi, Jumat (14/2).

BBIB Singosari, lanjutnya, memiliki bibit sapi berbagai jenis, diantaranya Belgian Blue, Limousin, Simmental, Aberdeen Angus, Brangus, Brahman, Ongole, Madura, Bali, Friesien Holstein dan Wagyu dan bangsa kambing (peranakan Etawwa, Boer, Saanen dan Senduro).

"Sekarang sapi kita yang ada di balai benih, dari 63 ekor sapi Brahman Cross, 43 nya sudah bunting, kalau nanti ini melahirkan, akan kita coba inseminasi dengan Belgian Blue atau sapi lainnya," bebernya.

Sapi Belgian Blue ini, tambahnya, adalah sapi yang khusus untuk dipotong, sehingga bisa memenuhi kebutuhan akan sapi potong di Babel.

"Selama ini kan kita masih tergantung dari luar untuk memenuhi kebutuhan sapi, mudah-mudahan dengan kerja sama ini kita bisa swasembada sapi," tutupnya.(*/)

penulis: TWO

Komentar Via Facebook