Peringati HPSN 2020, DLH Bangka Bersih-bersih Pantai Matras 
Banner DPRD Babel Fraksi PPP DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

Peringati HPSN 2020, DLH Bangka Bersih-bersih Pantai Matras 

Peringati HPSN 2020, DLH Bangka Bersih-bersih Pantai Matras 
Wabup Bangka, Syahbudin menyerahkan alat kebersihan secara simbolis saat kegiatan bersih sampah di Pantai Matras, Jumat (21/2).WARTABANGKA.COM/ZEN

WARTABANGKA.COM, SUNGAILIAT- Dinas Kebersihan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka bersama unsur lainnya membersihkan sampah di sepanjang Pantai Matras dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020. 

Kepala DLH Bangka Ir. Meina Lina mengatakan kegiatan tersebut digelar sebagai salah satu penilaian adipura. Selain di Pantai Matras, juga akan dilakukan aksi bersih di sejumlah lokasi. "HPSN 2020 kita ambil tema Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera," kata Meina, Jumat (21/2).

Dia mengungkapkan, aksi bersih pantai juga sekaligus menggugah kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan. Menurut Meina, kesadaran masyarakat masih kurang. Walaupun sebagian lagi menurut dia, sudah ada yang sadar.

"Masyarakat kita masih perlu dibangunkan untuk sampah. Di kalangan masyarakat terutama di bak-bak sampah, masih ada yang buang sampah di luar bak," kata dia. 

Untuk itu, melalui HPSN ini ia mengajak semua unsur untuk peduli terhadap sampah-sampah. Salah satunya tidak menggunakan kemasan plastik untuk minum. 

Sementara, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin menjelaskan, HPSN 2020 digelarkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggelola sampah dan penelitian pengembangan tekhnologi pola sampah dan pola pemanfaatan sampah.

Menurutnya, pemerintah telah mencanangkan target dan pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganannya sebesar 70 persen pada tahun 2025 mendatang.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor  97 tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi nasional penggelola sampah rumah tangga dan sejenisnya.

"Dengan demikian, Pemerintah Bangka turut mendukung target pemerintah pusat melalui pedoman penggelola sampah yang terintegritas dari hulu sampai hilir. Bedasarkan Peraturan Bupati Nomor  47 tahun 2018 tentang rencana kebijakan dan strategi daerah," imbuhnya.

Menurutnya, penggelola sampah rumah tangga dan sejenisnya, sebagaimana yang telah diuraikan maka pada tahun 2025 nanti, target pengurangan sampah dan penanganannya haruslah menjadi perhatian secara bersama.

"Disamping perlunya dalam meningkatkan kesadaran dan optimisme,seluruh stackholder dalam mewujudkan gerakan yang koroboratif. Secara kerja sama dalam penggelolaan dan penanganan sampah serta pengembangan manfaat dari hasil penggelolah sampah itu sendiri," tuturnya. 

Ia berharap dalam rangkaian HPSN 2020 ini dapat mempererat sinergitas masyarakat untuk pelaku dunia usaha dan pemerintah daerah dalam upaya penggelola dan penanganan sampah.(*/)

penulis: ZEN

Komentar Via Facebook