50 Desa di Basel Akan Terima Dana Desa Rp52 Miliar
Banner DPRD Babel Fraksi PPP DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

50 Desa di Basel Akan Terima Dana Desa Rp52 Miliar

50 Desa di Basel Akan Terima Dana Desa Rp52 Miliar
Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Basel, Herman

WARTABANGKA.COM, TOBOALI- Dana desa yang akan diterima Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dari Kementerian Keuangan sebesar Rp 52 miliar. Dana tersebut akan diterima 50 desa di daerah itu.

"Untuk nominal yang diterima  ada yang di atas Rp500 juta dan ada juga yang menerima hingga Rp 2,5 miliar bahkan lebih,"kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Basel, Herman kepada wartawan, Jumat (21/2). 

Berbedanya besaran ini, kata dia dikarenakan kondisi setiap desa yang luas wilayahnya berbeda-beda, kondisi perekonomian yang masih miskin dan sebagainya. 

"Jadi kenapa alokasi dananya berbeda, karena itu semua ditentukan bagaimana kondisi di desa yang menerima saluran dana desa," tambahnya.

Dia menerangkan, secara teknis penyaluran dana desa akan dikirimkan secara langsung oleh Kementerian Keuangan ke rekening desa yang bersangkutan.  

Nantinya, Badan Keuangan Daerah Basel terlebih dulu menyerahkan Surat Perintah Membayar (SPM) dan akan mengupload dokumen pencairan termasuk surat kuasa dari Bupati Basel untuk pencairan melalui aplikasi online monitoring SPAN (Omspan).

Setelah itu, Kemenkeu akan menyalurkan dana desa ke rekening desa melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) usai mengeluarkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) untuk penyaluran.

"Kalau sudah maka dana desa akan disalurkan secara langsung kepada rekening desa bersangkutan,"kata Herman.(*/)

penulis: TRA

Komentar Via Facebook