Polres Bangka Barat Tanam 1500 Pohon Mangrove di Pantai Iklim
Banner DPRD Babel Fraksi PPP DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

Polres Bangka Barat Tanam 1500 Pohon Mangrove di Pantai Iklim

Polres Bangka Barat Tanam 1500 Pohon Mangrove di Pantai Iklim
Kapolres Bangka Barat, AKBP Dr. Muhammad Adenan melakukan penanaman mangrove di kawasan Pantai Iklim, Kampung Teluk Rubiah, Kecamatan Muntok, Jumat sore (21/2). WARTABANGKA.COM/IBB

WARTABANGKA.COM, MUNTOK - Sebagai bentuk kepedulian terhadap kawasan pesisir pantai,  jajaran Polres Bangka Barat bersama unsur Forkompinda melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 1500 batang di kawasan Pantai Iklim, Kampung Teluk Rubiah, Kecamatan Muntok, Jumat sore (21/2). 

Kapolres Bangka Barat, AKBP Dr. Muhammad Adenan menjelaskan tujuan dari penanaman pohon mangrove ini salah satunya untuk mengatasi abrasi, kekeringan dan pemanasan global di pesisir pantai.

"Maka dari itu diperlukan komitmen bersama untuk melakukan penghijauan agar dapat mengatasi abrasi pantai. Dengan upaya yang dilakukan yakni dengan menanam dan pemeliharaan pohon," jelas kapolres.

Menurut dia, kegiatan yang dilakukan ini akan bermanfaat untuk anak cucu kelak di masa depan. Selain itu, pohon juga bermanfaat ganda bagi manusia dan lingkungan yaitu mengatur tata air dan menyuburkan tanah. 

Kapolres melanjutkan akar mangrove yang kokoh ini mampu menahan abrasi dan tempat berkembangnya habitat hewan air seperti ikan, kepiting, udang, kerang dan habitat lainnya. Dengan demikian sudah tentu dapat meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat di kawasan pesisir. 

"Disamping upaya dengan memperbanyak pohon dan tanam-tanaman serta melestarikan hutan. Mari kita terus pelihara lingkungan hidup dengan melakukan gaya hidup hijau (go green) dan ramah lingkungan agar kita hidup sehat," ujar kapolres.

Kapolres menambahkan bahwa kegiatan penghijauan ini bukanlah untuk kali ini saja, bahkan bisa berkelanjutan. Pihaknya juga akan terus memantau perkembangan pohon mangrove yang sudah ditanam ini.

"Nanti akan dicek lagi, pohon-pohon yang baru di tanam yang  miring-miring pohonnya akan diluruskan. Untuk itu, saya mengajak semua pihak mari sama-sama kita lestarikan lingkungan kita dengan melakukan penghijauan," tutup kapolres. (*/)


 

penulis: IBB

Komentar Via Facebook