Pemprov Bangka Belitung Akan Kucurkan Dana Untuk Desa, Tapi Hanya Bisa Untuk Bayar Ini
Banner DPRD Babel Fraksi PPP DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

Pemprov Bangka Belitung Akan Kucurkan Dana Untuk Desa, Tapi Hanya Bisa Untuk Bayar Ini

Pemprov Bangka Belitung Akan Kucurkan Dana Untuk Desa, Tapi Hanya Bisa Untuk Bayar Ini
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Pemprov Babel, Yuliswan. (*)

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG ---- Pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) akan membantu mengucurkan dana kepada pemerintah desa.

Dana ini dikucurkan untuk membangun desa agar lebih mandiri dan lebih sejahtera.

Bantuan ini, dikhususkan untuk pemberian insentif kepada penghulu dan juga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Tahun ini kebijakan pak gubernur, kita akan membantu desa, untuk insentif penghulu dan BUMDes, besarannya untuk insentif nanti dibahas lebih lanjut, kalau untuk BUMDes Rp100 juta," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Pemprov Babel, Yuliswan, Senin (24/2/2020)

Untuk BUMDes, tahun ini dianggarkan untuk 33 desa, sementara tahun 2019 lalu untuk 169 desa.

"Masih sisa 70 desa yang belum dapat bantuan BUMDes, bertahan ya nanti kita anggarkan, dana kita juga terbatas," ujarnya.

Ia berharap, dengan bantuan ini, dapat meningkatkan BUMDes menjadi lebih mandiri, dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Selain dari provinsi, desa juga mendapat dana dari pusat, nah mereka harus kreatif dalam mengelola dana ini, agar dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat," tukasnya.

BUMDes, lanjutnya, bisa menjadi wadah bagi desa untuk meningkatkan pendapatan desa, mengelola berbagai unit kegiatan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Desa yang belum punya BUMDes, terus kita dorong, agar bisa lebih maksimal, yang sudah ada, harus lebih ditingkatkan, kami akan terus memantau dan memonitor serta melakukan pembinaan, termasuk berkaitan dengan daya yang kita kucurkan," pungkasnya.(*/two)

penulis: TWO

Komentar Via Facebook