Gunakan APBD, Bupati Ibnu Tambah Anggaran Penanganan Covid-19 Jadi Rp7 Miliar
Banner DPRD Babel Fraksi PPP DPRD Babel
HomeUmumWartaNewsSumatraDaerahPangkalpinangBangkaBangka BaratBangka TengahBangka SelatanPolitikPemerintahanDPRDPemiluBisnisKeuanganMacroMicroSportOtomotifModifikasiBolaLiga SpanyolLiga InggrisLiga ChampionsLiga ItaliaLiga IndonesiaTechnoTravelKulinerRekreasiJalan-jalanReligiHikmah RamadanLainnyaVideo

Gunakan APBD, Bupati Ibnu Tambah Anggaran Penanganan Covid-19 Jadi Rp7 Miliar

Gunakan APBD, Bupati Ibnu Tambah Anggaran Penanganan Covid-19 Jadi Rp7 Miliar
Bupati Bateng, Ibnu Saleh diperiksa suhu tubuh menggunakan thermal scanner. WARTABANGKA.COM/RN

WARTABANGKA.COM,KOBA- Bupati Bangka Tengah (Bateng), H Ibnu Saleh menambah anggaran untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) di daerah itu dari Rp5 miliar menjadi Rp7 miliar.

Dana Rp7 miliar melalui pergeseran APBD Bateng tahun 2020, merupakan rangsangan untuk mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat terkait antisipasi penyebaran Covid-19 di Bateng.

"Mulanya kami anggarkan Rp5 miliar, dirasa kurang maka di tambah lagi Rp2 miliar menjadi Rp7 miliar. Terjadinya penambahan anggaran, karena menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing organisasi perangkat daerah," kata Bupati Ibnu, Selasa (24/3).

Menurut dia, anggaran tersebut digunakan untuk pengadaan alat pelindung diri (APD) petugas kesehatan, pembangunan ruang isolasi, pengadaan masker, pengadaan rapid test, obat-obatan dan lain-lain berkaitan dengan antisipasi Covid-19 sesuai kebutuhan.

"Beberapa peralatan sudah dilaksanakan pengadaannya. Beberapa lagi masih dalam pengiriman, seperti masker," ungkap Bupati Ibnu.

Dia berharap rangsangan dana Rp7 miliar melalui APBD Bateng ini menjadi dasar Pemkab Bateng untuk mengajukan DID ke pemerintah pusat. Ia pun siap mengawal DID tersebut, sehingga fasilitas antisipasi terjadi penyebaran Covid-19 di Bateng menjadi lengkap.

"Kita ajukan segera, lalu akan kita kawal DID tersebut. Mudah-mudahan Bangka Tengah mendapatkan DID dari pusat," harapnya.

Terkait penanganan yang telah dilakukan sejauh ini, kata Bupati Ibnu, dirinya telah melakukan beragam rapat khusus penanganan Covid-19 melalui Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Bateng, rapat bersama kepala OPD, kades/lurah, camat se-Bateng serta tokoh agama, masyarakat serta organisasi kemasyarakatan.

"Melalui telekonferensi juga kami sudah paparkan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan penganggaran ke Pak Gubernur Babel, Erzaldi rosman bersama pimpinan daerah Provinsi Babel lainnya," kata Bupati Ibnu sembari menegaskan pihaknya tidak tinggal diam mencegah penyebaran Covid-19.

Bupati Ibnu juga mengaku telah melakukan beragam imbauan baik bertatap muka langsung hingga melalui spanduk dan media sosial. Tim penanganan Covid-19 juga telah terjun ke lapangan, fasilitas umum mulai dari tempat ibadah hingga perkantoran telah disemprot disinfektan.

"Usai menyemprotkan disinfektan di tempat umum, mudah-mudahan Covid-19 tidak berkembangbiak di Bangka Tengah ini,"harapnya.

Dalam rangka melindungi pegawai dan masyarakat, Bupati Ibnu juga telah mengintruksikan kepala OPD untuk mengatur jadwal kerja pegawai secara bergantian bekerja di kantor. Bagi pegawai yang bekerja di rumah bukan berarti libur, melainkan tetap bekerja dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

"Kita manfaatkan aplikasi WhatsApp atau aplikasi lainnya yang bisa videocall sehingga komunikasi tatap muka tetap dilakukan. Lalu untuk instansi kesehatan seperti puskesmas dan RSUD Bateng tetap bekerja sesuai prosedur dan tatatertib (protab), tidak libur," ungkapnya.

Bupati Ibnu bersama pihak Polres Bateng juga terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan dengan mengundang masyarakat banyak. Menghindari tempat keramaian sementara waktu hingga keadaan sudah dianggap membaik.

"Secara kontinu, kami juga mengimbau masyarakat untuk selalu melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Mari makan-makanan sehat secara taratur, olahraga rutin, istirahat yang cukup, bersihkan lingkungan rumah yang kotor dan cek kesehatan jika merasa sakit serta pakai masker saat kita batuk maupun flu sehingga tidak menularkan penyakit tersebut ke orang lain," imbaunya.

Bupati Ibnu juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu beribadah dan berdoa di rumah agar Covid-19 di Indonesia segera berlalu. "Doakan saudara kita yang terpapar Covid-19 segera sembuh. Mari bersama kita berdoa yang terbaik untuk negeri ini dan khususnya Kabupaten Bangka Tengah," ajaknya. (*/ADV/RN)
 

penulis: ADV

Komentar Via Facebook