Bertambah 2 Pasien, Kasus Positif Covid di Babel Capai 242

WARTABANGKA, PANGKALPINANG — Kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (covid-19) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), hingga Jumat (4/9) tercatat mencapai 242 kasus. Kabupaten Bangka Selatan, yang semula telah hijau atau nol kasus, kini kembali ada pasien positif.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Pusdalops BPBD Babel, Andi Budi Prayitno menyebutkan, hari ini terkonfirmasi dua pasien baru.

“Dua pasien yang terkonfirmasi positif hari ini, satu dari kluster RRI, dimana hingga saat ini kluster RRI telah ada lima orang, yang terbaru adalah M-K, 46 tahun, laki-laki, beralamat di Jalan Bukit Betung, Bukit Betung, Sungailiat, Bangka,” kata Andi, Jumat (4/9).

Kemudian, satu lagi pasien balita anak berusia 3 tahun asal Toboali, Bangka Selatan (Basel) berinisial A-A–S, balita ini merupakan kontak erat B-I, orang yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi Covid-19. Diketahui bahwa A-A-S adalah anak dari B-I.

“Total kasus kumulatif 242 kasus, 12 orang yang saat ini masih dalam perawatan, ” ujarnya.

Sementara, untuk pasien yang bebas Covid-19 juga bertambah dua orang, Q-A, 15 tahun, perempuan, beralamat di Jalan Betutu Dalam, Selindung Baru, Gabek, Pangkalpinang.

Berdasarkan riwayat, yang bersangkutan terpapar dari A-Z, orang yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 dan sudah selesai isolasi dan bebas dari Covid-19. Diketahui bahwa Q-A adalah anak dari A-Z. M-G, 53 tahun, laki-laki, berdomisili di Komplek Rumah Dinas RRI, Jalan A Yani (Jalur Dua), Sungailiat, Bangka.

Berdasarkan riwayat, yang bersangkutan melakukan perjalanan dari Tangerang, Banten, ke Sungailiat, Bangka.Dari hasil tes rapid pada 18 Agustus 2020 dinyatakan reaktif, dan dari hasil tes swab PCR pada 24 Agustus 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19.

“Pasien yang selesai isolasi & sehat/bebas Covid-19, sebanyak 228 pasien,”imbuhnya.

Dari total 242 kasus positif, ABP merinci, 58 diantaranya kasus konfirmasi bergejala; 183 kasus konfirmasi tanpa gejala; 45 kasus konfirmasi dengan riwayat perjalanan (impor): Jumlah kasus konfirmasi kontak erat 61 orang; dan jumlah kasus konfirmasi tidak ada riwayat perjalanan atau kontak erat 52.

“Selalu patuhi proses Covid-19 ketika berada di luar rumah, demikian juga ketika setelah beraktivitas, langsung berganti pakaian dan mandi, ” ingatnya.

ABP menegaskan, kasus positif di Babel terjadi dari kasus impor dan transmisi lokal. Yang awalnya dibawa dari luar kemudian ditularkan secara transmisi lokal melalui kontak erat. (*two/rls)

loading...

About nath

Check Also

Satu Pasien Positif Covid-19 Asal Muntok Meninggal Dunia

foto:vecteezy.com WARTABANGKA, MUNTOK – Satu pasien positif Covid-19 asal Muntok, Kabupaten Bangka Barat yakni Tuan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *