BKKBN Dorong Penggunaan Kontrasepsi MKJP

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) didorong untuk memanfaatkan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) untuk menekan laju pertumbuhan penduduk atau angka kelahiran.

Inspektur Utama BKKBN, Ari Dwikora Tono, mengatakan MKJP merupakan metode kontrasepsi buang lebih efektif dibanding alat kontrasepsi tradisional, seperti pil,suntik dan kondom.

“MKJP dianggap lebih efektif dari metode kontrasepsi jangka pendek, seperti pil itu kan orang bisa lupa minum, suntik dan kondom juga demikian, kalau mkjp masanya lebih lama, ” ulasnya.

Mkjp ini antara lain IUD, Implant, Tubektomi (Metode Operasi Wanita/ MOW), dan vasektomi (MOP).

Selama ini, kata dia, masyarakat dibebankan biaya untuk melaksanakan program KB dengan MKJP, sementara anggaran pemerintah pusat tidak bisa mengcover seluruhnya untuk membiayai.

“Karena biaya pelayanan MKJP sudah dialokasikan ke kabupaten kota, itu akan lebih baik, dan tentu APBN tidak bisa akomodir semuanya, tugas kabupaten membantu, daerah siapkan anggaran, agar masyarakat bisa terlayani, ” tukasnya.

Wagub Babel, Abdul Fatah mendukung program BKKBN untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, ia berharap selain menekan laju pertumbuhan penduduk, juga terwujud penduduk yang berkualitas.

“Mkjp memberikan berbagai macam pilihan kepada aseptor, semuanya dalam rangka pengendalian laju penduduk di Indonesia,” sebutnya.

Pemprov Babel kata dia, bersama BKKBN akan mendukung program KB ini, termasuk mendorong kabupaten/kota yang diminta mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan program KB.

“kita mencoba mengajak masyarakat dalam kendalikan penduduk sehingga berikan dampak kepada masyarakat. Menjaga keluarga kecil berkualitas, dan SDM yang unggul, ” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Wagub dan Irtama BKKBN melakukan peninjauan terhadap uji coba penggerakkan pelayanan KB MKJP menggunakan dana DAK non fisik subbidang KB. (*/two)

loading...

About nath

Check Also

Pemkab Babar Segera Lengkapi Dokumen Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tanjung Ular-Air Limau

WARTABANGKA, MUNTOK – Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat (Babar) , Muhammad Soleh mengatakan pihaknya akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *