Blangko KTP-el di Bangka Tengah Tersisa 5.533 Keping

WARTABANGKA, KOBA – Hingga Januari 2021, stok blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Kabupaten Bangka Tengah tersisa 5.533 keping. Jumlah itu diperkirakan akan bertahan hingga Juni mendatang.

“Setiap bulannya, dindukcapil menghabiskan kurang lebih 600 keping blangko. Kita sudah ajukan penambahan blangko ke pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Bangka Belitung,” ungkap Kepala Dindukcapil Bangka Tengah, Julhasnan, Rabu (27/1).

Pencetakan blangko KTP-el, menurut Julhasnan didominasi oleh anak berusia 17 tahun atau cukup umur melakukan perekaman. Sisanya, dicetak bagi masyarakat pindah datang dan hilang yang dibubuhkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

“Di sepanjang tahun 2020 saja, kita sudah cetak KTP-el sebanyak 22.031 keping,” ujar Julhasnan.

Dia mengungkapkan jumlah wajib KTP-el di Bangka Tengah sebanyak 129.770 orang, yang telah merekam mencapai 99,9 % atau sekitar 129.641 orang.

“Sisanya sekitar 129 orang yang belum merekam KTP-el, kita beritahukan ke pemerintah desa atau kelurahan setempat. Kita bekerja sama dengan pemerintah desa untuk menuntaskan sisa wajib KTP-el di Bangka Tengah dengan pola jemput bola atau merekam di kantor desa atau kelurahan,” katanya.

Selain pihaknya aktif menjemput bola, Julhasnan juga mengimbau warga yang belum merekam KTP-el segera melakukan perekaman. Jika berusia diatas 18 tahun namun belum merekam KTP-el, pihaknya akan menonaktifkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) secara online hingga pemilik NIK tersebut merekam.

“Dokumen kependudukan sangat penting, terutama sangat mengurus administrasi,” pungkas Julhasnan. (RN)

loading...

Check Also

Perawat RSUD Depati Bahrin Sungailiat Diberi Pelatihan Soft Skill

WARTABANGKA.COM, SUNGAILIAT – Dalam rangka meningkatkan pelayanan, RSUD Depati Bahrin Sungailiat menggelar pelatihan soft skill …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *