BNPB Hibahkan Rp 14,9 Miliar untuk Penanggulangan Bencana di Babel

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghibahkan Rp14,9 miliar untuk penanganan penanggulangan bencana di enam titik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Rifai mengatakan, pihaknya sudah melihat secara langsung kesiapan kesiapan teknis dalam rangka penyelenggaraan pelaksanaan di lapangan.

“Mudah-mudahan dengan ini masyarakat bisa merasakan manfaatnya dan perlu kita tingkatkan kembali karena harapan saya adalah sekarang bagaimana kelanjutan ke depan, kalau dengan pembangunan yang 14,9 diselesaikan, itu perlu ada perawatan,” kata Rifai usai rapat dengan Wagub dan BPBD Babel, Rabu (26/8).

Wagub Babel, Abdul Fatah menambahkan, hibah ini diberikan pasca terjadinya bencana banjir di Pangkalpinang dan beberapa titik lainnya, yang diharapkan membantu menghindari terjadinya banjir.

“Kita akan melakukan pembenahan-pembenahan, dan kita selesaikan beberapa aspek yang telah disepakati, seperti di kolong yang ada di Pangkalpinang, kemudian Desa Saing, kita akan melihat sejauh mana pembangunan yang perlu dilakukan,” tukasnya.

Saat ini, tambah dia, pemprov masih melakukan dalam sisi administrasi, kemudian baru ke pengadaan dan diharapkan bisa dikerjakan dalam tiga bulan terakhir di tahun 2020 ini.

“Diperkirakan rencana pembangunan itu dimulai pada tiga bulan terakhir tahun 2020 ini, salah satu diantaranya yang kami perbincangkan adalah strategi dalam pengembangannya,” ujar Fatah.

Dia berharap, dengan bantuan ini bisa membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi banjir di Babel, mengingat pemprov juga memiliki kemampuan anggaran yang terbatas untuk menanggulangi banjir ini secara keseluruhan.

Rapat ini, juga diikuti oleh BPBD Babel, Kota Pangkalpinang, dan unsur terkait lainnya. Dalam rapat tersebut, dipaparkan rencana pembangunan dan antisipasi pelaksanannya, serta dampak dari pembangunan tersebut terhadap pengurangan banjir. Setelah rapat, tim kemudian melanjutkan pantauan langsung di kolong retensi Pangkalpinang dan Desa Saing. (*/)

loading...

About Ryu

Check Also

Sekda Radmida Ingatkan OPD Jangan Lengah Sampaikan Data

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota Pangkalpinang Radmida Dawam, kembali mengingatkan seluruh organisasi perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *