Bulan Ini, Ranperda Kearsipan Dijadwalkan Tuntas

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Ketua Pansus Kearsipan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Ringgit Kecubung memastikan Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah) yang dalam tahap pembahasan, dapat tuntas akhir Agustus ini.

Pasalnya, dalam pembahasan dan kunjungan ke daerah pekan depan, akan dibahas pasal demi pasal.

Hal itu ia sampaikan usai pertemuan Pansus Kearsipan DPRD Babel ke BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kabupaten Bangka, Kamis (5/8).  

“Dari poin yang digali yaitu, disarankan klausul sanksi administratif dan hukum dan setiap dokumen harus diarsipkan dan ada tanda terimanya. Arsip juga harus dibagi berdasarkan kategori yakni, arsip penting, tidak penting, biasa dan rahasia,” kata Ringgit.

Selain itu katanya, dari pertemuan tersebut adanya saran untuk dibentuk depo arsip agar bisa melaksanakan pemusnahan arsip.

“Pemusnahan arsip diminta juga dilakukan disetiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Kalau tidak melenceng dari rencana, Insyaalah bulan ini (Agustus) selesai,” imbuh politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Dalam pertemuan ke BKPSDM Bangka, kehadiran Ringgit juga didampingi Wakil Ketua Susi dan anggota yakni, Ranto Sendhu, Adet Mastur, Rustamsyah, Tony Purnama, Matzan, Johansen Tumanggor, Yus Derahman dan Firmansyah Levi.

Saat audiensi, anggota Pansus Adet Mastur juga mempertanyakan belum adanya PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) baik di tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

“Karena ini bisa dijadikan modus, untuk berbuat hal yang tidak kita inginkan. Agar tidak ada arsip yang dimungkinkan sengaja dibakar, hilang ataupun diubah. Memang arsip yang ada di OPD harus diserahkan ke Dinas Arsip.

Sementara itu, Fahriza Levi menambahkan, jumlah arsiparis yang ada di Bangka dan penanganan dokumen rahasia

“Lalu apakah ada dokumen rahasia? Kalau  ada, apakah dimungkinkan untuk adanya penanganan khusus? Ini juga harus benar-benar dipikirkan,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Babel Rakhmadi mengamini adanya sanksi administratif dan pidana.

“Saya sangat setuju ada sanksi administrasi dan sanksi pidana. Maksimal tiga bulan yang diberikan untuk memberikan efek jera,” jelasnya.

Kepala BKPSDM Bangka Baharita dalam pertemuan itu mengapresiasi Ranperda Kearsipan yang merupakan Ranperda inisiatif DPRD Babel.

“Kita sangat mengapresiasi Pansus ini. Karena, tidak ada arsip, aset hilang. Memang seharusnya, untuk setiap OPD, harusnya minimal memiliki satu arsiparis. Arsip ini penting untuk BKPSDM, untuk kenaikan pangkat maupun tunjangan,” tukasnya. (*/ryu)

loading...

Check Also

Reses, Agung Setiawan Serap Aspirasi Warga Air Duren

WARTABANGKA, PEMALI – Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Agung Setiawan, menggelar Reses Tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *